Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 28 November 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Teknologi virtual reality (VR) tak hanya digunakan untuk bermain game atau melihat dunia virtual sambil berada di satu tempat. Kini alat tersebut kini juga digunakan dan diuji pada hewan, khususnya sapi.

Kementerian Pertaninan dan Pangan Moskow tengah melakukan percobaan di mana mereka menguji untuk melihat apakah sapi yang memakai headset VR tidak hanya mengganggu kecemasan mereka.

Namun hasilnya tak hanya itu, tetapi dengan memakai headset VR para sapi dapat meningkatkan produksi susu.

Dilansir dari laman Ubergizmo, saat para sapi memakai headset VR sapi-sapi ini tampaknya ditempatkan dalam program simulasi lapangan musim panas.

Hal ini memberikan sapi-sapi ilusi bahwa mereka tengah keluar ladang pertanian di musim panas yang menyebabkan rasa cemas mereka berkurang dan menghasilkan susu yang lebih banyak.

Sapi pakai headset VR. (myseldon.com)

Sejauh ini berdasarkan percobaan dan penelitian mereka, telah ditemukan bahwa hal ini harusnya dilakukan untuk para sapi sedari dulu.

Pasalnya melalui headset VR ini para sapi dapat meningkatkan suasana emosional keseluruhan kawanan.

Penggunaan VR ini merupakan eksperimen yang menarik dan menjadikan banyak pertanyaan tambahan mengapa tak menempatkan sapi di lapangan saja, bukanlah itu lebih murah?

Namun kembali lagi, jika pemilik sapi tak memiliki lahan yang luas untuk melepaskan sapi-sapinya dan mengurangi kecemasan mereka.

BACA SELANJUTNYA

Peran MCU 8-bit dalam Mendorong Kemajuan Teknologi Pertanian Pintar