Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 21 Desember 2019 | 13:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Fenomena teror ular kobra jawa masih menghantui warga perkotaan, termasuk Jakarta Timur. Di mana petukas telah mengevakuasi ular kobra dan sanca.

Sabtu (21/12/2019), petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur mengevakuasi dua ekor ular jenis kobra dan sanca di sebuah perkantoran.

Kepala Ops Sudin PKP Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menjelaskan kerja bakti dilakukan di Kantor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Jalan Jatinegara Kaum, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

"Jadi lagi kerja bakti di perkantoran ditemukan dua ekor ular itu, sanca dan kobra," kata Gatot Sulaeman.

Kejadian penemuan dilaporkan pukul 08.10 WIB, petugas Sudin PKP Jakarta Timur tiba di lokasi pukul 08.20 WIB dengan mengerahkan enam orang personel penyelamatan satwa liar.

Ular ditemukan bersembunyi di dalam tanah di belakang kantor P2TP2A Jatinegara, Jakarta Timur. Petugas melakukan evakuasi menggunakan peralatan seperti tongkat besi dan pakaian keselamatan.

Dalam video berdurasi empat menit 45 detik yang disebarkan petugas Sudin PKP Jakarta Timur, terlihat upaya petugas melakukan evakuasi menggunakan tongkat panjang dan baju pemadam kebakaran.

Ilustrasi ular kobra. (Pixabay)

Alhasil ular kobra dan sanca sepanjang empat meter berhasil dievakuasi dari kantor P2TP2A Jatinegara tersebut.

"Jadi ada dua ular kobra dan sanca, panjang ular sanca empat meter," kata Gatot.

Menurut Gatot, selama beberapa pekan terakhir ini sudah sering ditemukan dan dievakuasi sejumlah ular di wilayah Jakarta Timur.

Beberapa kejadian, seperti pada Selasa (17/12/2019) seekor induk ular kobra ditemukan di plafon rumah warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas.

Lalu, pada Jumat (13/11/2019) petugas Sudin PKP juga telah mengevakuasi satu ekor anak ular kobra sepanjang 30 sentimeter dari pemukiman warga di Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Dan pada Rabu (11/12/2019) petugas mengevakuasi sembilan ekor ular kobra liar yang meresahkan warga di kawasan Cakung, Jakarta Timur. 

Jika sebelumnya banyak teror ular kobra jawa di kawasan pemukiman, kini mulai ditemukan di perkotaan dan perkantoran Jakarta Timur. (Suara.com/ Pebriansyah Ariefana).

BACA SELANJUTNYA

Salfok Kobra Masuk Ruangan Ini, Netizen: Besar Banget Woi!