Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 25 Desember 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang nenek yang juga astronom amatir, Jean Dean berhasil menangkap Nebula Kerucut yang memiliki bentuk seperti Pohon Natal.

Butuh waktu lima jam untuk nenek berumur 61 tahun tersebut menangkap penampakan Nebula di belakang rumahnya.

Penampakan menakjubkan Nebula kerucut yang berjarak 2.600 tahun cahaya dari Bumi ini berhasil ditangkap menggunakan peralatan astronomi khusus yang dimiliki.

Dilansir dari laman Daily Mail, Jean Dean menggunakan mount kamera bermotor dan memutar koordinat untuk NGC 2264-nama resmi untuk Cone Nebula dan Christmas Tree Cluster.

Penampakan Nebula tersebut memiliki warna merah dan dihiasi dengan ribuan bintang berbentuk kerucut.

ilustrasi Nebula pohon Natal. (NASA/Rolf Geissinger)

Formasi indah tersebut menyerupai pohon Natal, bahkan Jeann Dean percaya hal ini bisa terjadi karena mencerminkan musim tersebut.

Menurutnya, Guernsey adalah tempat yang sempurna untuk menangkap gambar bintang-bintang berkat langitnya yang gelap.

''Ini Nebula yang indah untuk ditangkap, ini sangat menarik. Ada pilar besar debu dan gas, mirip dengan pilar penciptaan. Di situlah lahir bintang-bintang baru dan jika bintang-bintang dilahirkan, planet juga dilahirkan dan manusia mendapatkan kehidupan'' kata Jean Dean.

Tetapi tak semudah itu, untuk menangkap Nebula cantik tersebut mereka harus menunggu udara dingin selama lebih dari lima jam untuk mendapatkan Nebula dengan bentuk pohon Natal dengan taburan bintang ini.

BACA SELANJUTNYA

Saking Banyaknya, Astronom Khawatir Ribuan Satelit Elon Musk Bisa Tabrak Pesawat