Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 12 Januari 2020 | 10:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah fenomena langka terjadi di Perairan Gorontalo pada Senin (6/1/2020), yaitu melompatnya ikan dari lai ke daratan. Melihat kejadian ini pasti membuat warga bertanya-tanya.

Bahkan tak sedikit kabar berhembus yang mengkaitkan fenomena ikan lompat ke daratan dengan pertanda akan terjadinya gempa.

Melihat ramainya kabar ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun memberikan tanggapannya pada fenomena langka tersebut.

Menurut BMKG, fenomena ikan lompat dari laut ke darat ini tidak bukanlah pertanda akan terjadinya gempa di daerah tersebut.

"Pendapat tersebut tentu saja tidak benar. Hasil kajian ilmiah sejauh ini belum menunjukkan adanya bukti kuat secara empirik. Sehingga fenomena terdamparnya ikan bukan bagian dari precursor (penanda) gempa bumi," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Fenomena ikan melompat ke daratan di Gorontalo jadi perhatian BMKG. Ilustrasi ikan melompat dari air. [Shutterstock]

Lebih lanjut Daryono mengatakan ada beberapa kemungkinan untuk menjelaskan perilaku unik ikan di perairan Gorontalo itu. Pertama beberapa hasil kajian menunjukkan adanya kaitan antara kemunculan ikan di permukaan dengan musim.

"Karena dinamika populasi ikan ada kaitannya dengan musim, maka tidak tertutup kemungkinan kejadian seperti di Gorontalo tersebut terkait musim," kata dia.

Selain itu, menurut teori oseanografi, pengangkatan biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir berkaitan dengan fenomena upwelling - fenomena pergerakan air dingin yang memiliki massa jenis lebih besar dari dasar laut ke permukaan.

Dalam fenomena upwelling, katanya, biasanya kemunculan ikan banyak hingga ada segerombolan ikan sampai ke pantai.

Ada juga teori lain, yakni terkait dinamika arus laut. Ikan akan muncul di pantai karena mengikuti dinamika arus laut tersebut.

Fenomena upwelling. (NOAA)

Tingkah unik ikan yang berlompatan di Gorontalo terjadi di dekat Kompleks Pelabuhan Gorontalo pada Senin (6/1/2020).

Dalam kesempatan itu ikan-ikan berlompatan ke daratan sehingga menghebohkan masyarakat. Kejadian itu direkam dan disebarkan ke media sosial sehingga viral.

Itulah penjelasan BMKG pada fenomena langka ramainya ikan lompat dari lai kedaratan di Gorontalo. Yang ternyata bukan pertanda sebuah gempa, melainkan fenomena upwelling. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Sekarang, Ini Penjelasan BMKG