Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 23 Januari 2020 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkap penyebab like di Instagram sedikit. Mengejutkan, salah satu penyebabnya ternyata penggunaan filter mempengaruhi jumlah like yang diterima lho.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti, terungkap bahwa beberapa filter memberikan dampak persepsi yang kurang baik untuk siapa saja yang melihat unggahan tersebut.

Beberapa filter yang dianggap memberikan dampak persepsi yang kurang baik antara lain filter telinga anjing, kucing, dan lain sebagainya.

Mengutip The Sun, hasil penelitian satu ini memberikan indikasi pada penggunaan filter selfie. Jumlah like yang sedikit ternyata diterima oleh orang-orang yang menggunakan filter, hal ini berbanding terbalik dengan kamu yang tidak menggunakan filter.

Selain pemilihan filter yang dapat berpengaruh pada jumlah like, jenis foto apa yang diunggah juga turut mempengaruhi jumlah like yang diberikan.

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ Katka Pavlickova)

Peneliti menemukan bahwa biasanya foto yang mengandung 'social cues' memiliki jumlah like yang lebih banyak. Tipe 'social cues' ini antara lain seperti foto-foto yang menonjolkan kekayaan, hobi, prestasi, atau pekerjaan.

Orang yang mengunggah potret kegiatan positif seperti pergi ke gym, memakai pakaian atletik, hingga seragam yang menunjukan profesi pilot atau pramugari, biasanya akan meraup banyak like di Instagram.

Walaupun penggunaan filter untuk beberapa orang dirasa meningkatkan daya tarik visual diri, sebenarnya penggunaan filter justru punya pengaruh yang lain.

Ilustrasi aplikasi Instagram. (unsplash/@katerinapavlickova)

Lebih lanjut, penelitian ini menunjukan bahwa filter tidak selamanya memberikan kesan yang baik pada siapa saja yang melihatnya. Terkadang, foto-foto semacam ini justru membuatmu miskin like.

Peneliti memberikan pesan agar pengguna Instagram yang ingin dibanjiri like, untuk lebih memperhatikan lagi mengenai unggahan apa yang akan diunggah.

BACA SELANJUTNYA

Millen Cyrus dan Lionel Lee Coba Filter AI, Hasilnya Malah Tak Terduga Gini