Kamis, 18 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 10 Februari 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hiu putih besar (great white shark) sepanjang hampir 5 meter berhasil dilacak dan ditangkap oleh ilmuwan. Penangkapan ini hanya untuk keperluan penelitian dan beberapa saat setelahnya hewan pemuncak rantai makanan tersebut akan dilepas kembali oleh peneliti.

Ilmuwan yang tergabung dalam kelompok konservasi laut nirlaba OCEARCH berhasil menangkap ikan hiu putih besar yang diberi nama Unama'ki.

Hewan itu dapat ditangkap kembali oleh ilmuwan karena di dalam tubuhnya sudah ditanamkan alat pelacak khusus.

"Ping" terbaru dari alat pelacak menunjukkan bahwa Unama'ki telah berenang sejauh 150 kilometer di sekitar Teluk Meksiko.

"Unama'ki adalah hiu putih terbesar yang saat ini melakukan ping pada Tracker. Ia melakukan ping dalam jangkauan jarak jauh yang menandakan bahwa ia telah melintasi Teluk Meksiko," kata OCEARCH pada situs resminya.

Hiu sepanjang hampir 5 meter berhasil ditangkap oleh ilmuwan. (Facebook/ OCEARCH)

Hiu putih besar yang dijadikan objek penelitian ilmuwan ini mempunyai ukuran 4,7 meter dengan berat sekitar 941 kilogram.

Menurut ilmuwan, Unama'ki merupakan hewan yang harus dilacak untuk keperluan penelitian.

Sebagai hiu putih besar betina dewasa, ia memiliki ketertarikan khusus sehingga ia dapat memberikan wawasan penting tentang pembiakan dan pembibitan hiu.

Fenomena itu masih belum bisa dipecahkan secara ilmiah sehingga ilmuwan berencana melakukan penelitian lebih dalam.

Hiu sepanjang hampir 5 meter ini akan diteliti lebih dalam oleh ilmuwan. (Twitter/ OCEARCH)

Dikutip dari IFLScience, sejauh ini, masih belum ada penelitian khusus mengenai ilmuwan yang mengamati hiu putih besar berkembang biak atau melahirkan.

Unama'ki pertama kali terdeteksi dan ditanam alat pelacak pada September 2019.

Ia telah terekam melakukan perjalanan dari Kanada ke pantai timur AS, di sekitar Florida, kemudian ke Teluk Meksiko.

Cukup epik, dari September 2019 hingga Februari 2020, hiu putih besar ini telah menempuh perjalanan total sejauh 4.410 kilometer.

Hiu putih besar (Carcharodon carcharias) dapat ditemukan di banyak lautan di seluruh dunia, dengan habitat pentingnya di AS (pantai timur laut dan California), Afrika Selatan, Jepang, Chili, dan Mediterania.

Saat ini, OCEARCH telah melacak sebanyak 416 hiu di mana salah satunya merupakan hiu putih besar jumbo dengan panjang hampir 5 meter bernama Unama'ki.

BACA SELANJUTNYA

Kabar Duka, Penemu Baterai Lithium Ion Meninggal Dunia