Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 14 Februari 2020 | 18:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hanya berjarak 330 tahun cahaya dari Bumi, planet termuda ini ditemukan oleh para astronom dari Rochester Institute of Technology. Temuan ini akan menjadikannya sebagi planet termuda yang paling dekat dengan Bumi. 

Diperkirakan planet tersebut berusia kurang dari 5 juta tahun dan mengorbit bintangnya pada jarak 600 AU, di mana 1 AU atau Astronomical Unit setara dengan jarak Bumi-Matahari).

Menurut Catatan Penelitian American Astronomical Society, planet ini memiliki berat 10 kali massa Jupiter.

"Objek yang kami temukan ini masih sangat muda dan hanya 10 kali massa Jupiter. Ini adalah planet bayi dan mungkin masih di tengah-tengah pembentukan. Meskipun banyak planet lain telah ditemukan melalui misi Kepler dan misi lainnya, tetapi hampir semua planet itu adalah planet berusia tua," ucap Annie Dickson-Vandervelde, penulis utama dalam penelitian ini.

Teleskop Gaia. [Wikipedia]

Planet tersebut ditemukan berkat Gaia, misi milik Badan Antariksa Eropa. Para astronom menggunakan data Gaia untuk mencari objek sub-stellar (planet atau katai cokelat) di dalam Epsilon Chamaeleontis Association, sebuah kelompok bintang muda terdekat. Para astronom menemukan adanya planet raksasa bergerak bersama dengan objek lain dari kelompok bintang ini.

Dilansir dari IFL Science, para astronom akan melanjutkan penelitian tentang planet yang baru ditemukan ini untuk memahami sifatnya, mulai dari bagaimana planet terbentuk dan sejarah formasinya.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Jarak Bumi ke Mars Jutaan Kilometer, Berapa Waktu Perjalanannya?