Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 19 Februari 2020 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Planet Mars jadi sasaran tempat tinggal manusia berikutnya. Untuk itu, eksplorasi dan desain kota di Mars telah dikembangkan. Bahkan dibuat kontesnya.

Mars Society, sebuah organisasi advokasi luar angkasa yang didedikasikan untuk eksplorasi dan pemukiman manusia di Mars, mengumumkan kontes internasional untuk merancang desain kota di Mars. Kota tersebut nantinya akan menampung dengan kapasitas 1 juta orang.

Sebelum mendaftar, peserta harus membaca panduan yang diunggah Mars Society dalam web situs resminya.

Peserta harus memikirkan bagaimana kota tersebut dapat menghasilkan semua bahan makanan, pakaian, tempat tinggal, produk konsumen umum, kendaraan, dan mesin untuk populasi 1 juta jiwa.

Dengan kata lain, semua bahan penting seperti makanan, kain, baja, kaca, dan plastik, perlu diproduksi di Mars.

Dengan jumlah 1 juta penduduk, lebih banyak tenaga kerja yang akan diperlukan untuk memproduksi bahan-bahan ini dalam skala yang cukup besar. Karenanya, peserta didorong untuk memikirkan penggunaan robot dan kecerdasaan buatan.

"Kota harus swasembada semaksimal mungkin," tulis situs web Mars Society, seperti dikutip dari IFL Science.

Curiosity, robot NASA di Mars. (NASA)

Tak hanya itu, peserta juga harus memikirkan rancangan ekonomi kota. Mengingat impor dan ekspor ke Bumi pasti dilakukan.

Di masa depan, diperkirakan dengan menggunakan SpaceX Starship atau pesawat ruang angkasa serupa.

Biaya pengiriman barang dari Bumi ke Mars adalah 500 dolar AS per kg atau sekitar Rp 6,8 juta dan biaya pengiriman barang dari Mars ke Bumi adalah 200 dolar AS per kg atau sekitar Rp 2,7 juta.

Penilaian desain kota di Mars ini akan mencakup 30 poin untuk desain teknis, 30 poin untuk rancangan ekonimi, 20 poin untuk sosial, budaya, dan poitik, dan 20 poin untuk estetika desain.

Kontes ini terbuka untuk semua orang di seluruh dunia. Peserta dapat bekerja sendiri atau membentuk tim.

Setiap kontestan harus menyerahkan laporan yang tidak lebih dari 20 halaman untuk mempresentasikan rencana tersebut dan dikirim paling lambat 30 Juni 2020.

Ilustrasi desain kota di Mars. [Marssociety.org]

Juri akan memilih 10 laporan dan peserta akan diundang untuk mempresentasikan idenya secara langsung, di depan panel hakim yang dipilih Mars Society pada Konvensi Mars Society Internasional Tahunan ke-23 di Los Angeles pada Oktober 2020 mendatang.

Peserta yang terpilih menjadi pemenang akan mendapatkan uang mulai dari 10 ribu dolar AS atau sekitar Rp 136 juta untuk pemenang pertama hingga 500 dolar AS atau sekitar Rp 6,8 juta untuk lima peserta terpilih lainnya.

Itulah kontes desain kota di Mars yang berhadiah menggiurkan. Berminat ikut kontes dari Mars Society ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Usai Misi ke Bulan dan Mars Berhasil, Kini China akan Kirim Dua Pesawat Antariksanya ke Jupiter dan Uranus