Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 19 Maret 2020 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pernahkah kamu berpikir berapa panjang gigi manusia sampai ke akar-akarnya? Rata-rata gigi depan manusia hanya sepanjang 2,2 sentimeter. Beda dengan gigi manusia terpanjang di dunia ini.

Gigi manusia terpanjang di dunia ini milik seorang lelaki India. Panjang giginya ini baru diketahui setelah dokter mancabutnya.

Seorang dokter gigi asal India bernama Dr Saurabh Srivastava, mencabut gigi seorang lelaki berusia 20 tahun dan terungkapnya sebagai gigi terpanjang di dunia karena ukurannya mencapai 3,89 sentimeter.

Gigi sepanjang 3,89 sentimeter itu milik seorang mahasiswa teknik dari Madhya Pradesh, India, bernama Pawan Bhavsar.

Lelaki ini mengeluh menderita sakit rahang yang berkelanjutan, pembengkakan gusi, dan lecet di mulutnya. Akhirnya, ia pun pergi ke dokter gigi di distrik Khargone.

Gigi terpanjang. [Twitter]

Setelah diperiksa lebih dekat, Dr Saurabh Srivastava memutuskan mengambil dua gigi Pawan, yang merupakan akar masalah. Mulanya, tidak ada yang aneh sampai akhirnya Dr Srivastava mencabut salah satu giginya.

Gigi yang memiliki ukuran sekitar 3,89 sentimeter itu, akhirnya diekstraksi pada 29 Februari dan telah ditetapkan oleh Guinness World Record baru sebagai gigi terpanjang di dunia.

Sebagai perbandingan, dua gigi depan manusia memiliki ukuran rata-rata sekitar 2,25 sentimeter

Dilansir laman IFL Science, sejak ekstraksi, Pawan telah melakukan pemulihan secara total dan tidak lagi mengeluh sakit.

Itulah rekor gigi manusia terpanjang di dunia yang pernah dicabut, panjangnya sampai 3,89 sentimeter. Ada yang bisa lebih panjang dari gigi lelaki India ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Foxconn Bikin Pabrik Baru di India, Sediakan 100 Ribu Lapangan Kerja di India