Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 22 Maret 2020 | 10:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Virus corona baru yang menjadi sumber wabah COVID-19, telah menyebar ke berbagai negara. Lalu adakah tempat paling aman dari virus corona ini?

Sebagian pemerintah di seluruh dunia telah meminta masyarakatnya untuk beraktivitas di rumah, demi memperlambat penyebaran virus Corona.

Pemberlakukan social distancing, membuat orang-orang berpikir di mana tempat paling aman dari virus corona di tengah penyebaran pandemi seperti ini.

Menurut Luis Zea, seorang peneliti dari BioServe Space Technologies di University of Colorado Boulder, menyebutkan tempat paling aman adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Saya akan mengatakan bahwa, mengenai virus Corona, ISS mungkin merupakan salah satu tempat teraman pada saat ini. Ini berasal dari fakta bahwa virus Corona hanya dapat bertahan untuk waktu yang singkat di permukaan dan terinfeksi. orang kemungkinan akan diskrining dan didiagnosis selama masa karantina yang dilalui astronot sebelum diluncurkan," ucap Zea, seperti dikutip laman IFL Science.

Stasiun luar angkasa. [Shutterstock]

Selain karena terpisah dari Bumi sekitar 408 kilometer, ISS dilindungi berkat program stabilisasi kesehatan yang digunakan setelah flu biasa ditemukan di akhir 60-an.

NASA sebelumnya tekah menerapkan protokol yang disebut stabilisasi kesehatan untuk mencegah patogen "dibawa" hingga ke ISS.

Para astronot yang akan pergi ke ISS harus menjalani pemeriksaan fisik ekstensif selama 10 hari sebelum peluncurannya.

Jika terbukti bersih, para astronot masih harus melakukan masa isolasi selama dua minggu untuk melihat apakah ada penyakit lain yang masih diinkubasi dalam tubuh.

Ilustrasi Stasiun Luar Angkasa (sumber foto: Pixabay)

Dalam kasus penyebaran virus corona, periode karantina sangat penting untuk menyingkirkan penyakit yang tersembunyi.

Pengawasan serupa dilakukan pada paket yang ditujukan untuk laboratorium di luar angkasa. Paket akan dibersihkan dan disterilkan secara menyeluruh sebelum disetujui.

Itulah tempat paling aman dari virus corona menurut peneliti. Yakni ISS atau stasiun luar angkasa, yang jaraknya cuma 408 kilometer dari Bumi. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Misi Penerbangan Luar Angkasa, Kru Polaris Dawn Gunakan Smartwatch Canggih Ini