Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 26 Maret 2020 | 09:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penyebaran virus corona COVID-19 makin mengkhawatiran, pasalnya laporan baru mengungkapkan jika virus corona kini dapat bertahan lebih lama di permukaan benda

Sebelumnya dilaporkan WHO bahwa virus tersebut dapat bertahan hidup antara jam dan hari, tergantung pada jenis permukaanya.

Namun sekarang menurut data baru yang diterbitkan oleh Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, tampaknya virus corona memiliki umur lebih lama di permukaan benda daripada yang dipikirkan sebelumnya.

Dilansir dari laman Ubergizmo, CDC melaporkann mereka telah menemukan virus corona berpotensi dapat bertahan di permukaan selama 17 hari.

Data ini didasarkan pada apa yang mereka temukan di kapal pesiar Diamond Princess, pasalnya beberapa kelompok yang awalnya dikarantina diizinkan pergi.

Studi ini menunjukkan bahwa meskipun penumpang meninggalkan kapal, virus tersebut masih bertahan di permukaan setelah apa yang sebelumnya dianggap virus tersebut telah hilang.

Ilustrasi Virus Corona COVID-19. (Centers for Disease Control and Prevention)

Sebelumnya, para peneliti memperkirakan bahwa umur virus corona dapat hilang di permukaan suatu benda dan hanya bertana selama 3 hari pada permukaan yang terbuat dari plastik atau baja.

Bertahan selama 3 hari tersebut jumlahnya pun akan berkurang dari waktu ke waktu, namun data terbaru mengatakan virus tersebut dapat bertahan lebih lama.

Penelitian juga menunjukkan bahwa virus corona dapat dimatikan dengan disinfektan ke permukaan dengan alkohol 62-71 persen.

Selain itu, kelembaban dan suhu yang tinggi juga mempengaruhi virus corona lain mati lebih cepat, meskipun penelitian menunjukkan jika virus corona lainnya yang menyebabkan SARS bias mati oleh suhu 56 derajat celcius dengan laju sekitar 10.000 partikel setiap 15 menit.

Data terbaru ini membuat kita semua tak boleh berasumsi bahwa paket yang dikirimkan adalah bersih.

Oleh karena hal tersebut, usai menerima paket baiknya paket tersebut dibersihkan dan mencuci tangan secara menyeluruh setelah memegangnya.

Pasalnya kita tidak pernah tahu paket tersebut dipegang siapa saja hingga berakhir di tangan kita, bisa saja virus corona menjangkit di permukaan, jadi menjaga kebersihan sangatlah penting.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Abu Vulkanik Merapi Mampu Membunuh Virus Corona?