Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Minggu, 19 April 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pemeriksaan data Kepler, wahana pencari planet baru milik NASA mengungkap hal mengejutkan. Wahana ini rupanya pernah menemukan sebuah planet baru dengan ukuran dan temperatur aman yang membuatnya mirip dengan Bumi.

Dalam pemeriksaannya, para ilmuwan menemukan exoplanet bernama Kepler-1649c yang berjarak 300 tahun cahaya dari Bumi. Mengejutkan, para ilmuwan menyebutkan bahwa planet baru ini memiliki banyak kesamaan dengan Bumi.

Mengutip Sciencealert.com, Kepler-1649c memiliki ukuran 1,06 kali lebih besar dari Bumi dengan 75 persen cahaya yang didapat Bumi dari Matahari.

Karena hal ini, para ilmuwan berpendapat bahwa Kepler-1649c memiliki temperatur permukaan yang mirip seperti Bumi. Makin ideal untuk kehidupan manusia, Kepler-1649c berada di lokasi yang tepat dengan bintang serta air di permukaan.

Namun, planet baru dengan nama Kepler-1649c berada mengelilingi bintang katai merah yang jauh lebih kecil dan lebih dingin jika dibandingkan dengan Matahari.

Ilustrasi Bumi. (pexels/pixabay)

Jarak Kepler-1649c ke bintang katai merah jauh lebih dekat jika dibandingkan dengan jarak Bumi ke Matahari. Planet baru ini hanya membutuhkan 19,5 hari untuk dapat mengorbit bintangnya.

Kabar buruknya, hal tersebut yang membuat para ilmuwan percaya bahwa Kepler-1649c bisa saja terkena pancaran radiasi dari lingkungan hingga mengancam potensi kehidupan. Walaupun begitu, hingga kini pancaran radiasi tersebut masih belum nampak.

Associate Administrator Science Mission Directorate NASA, Thomas Zurbuchen menjelaskan bahwa hal ini dianggap sangat baik dan memberi harapan besar bahwa Bumi kedua bisa saja berada di antara bintang-bintang dan menunggu ditemukan.

Planet baru mirip Bumi, Kepler-1649c. (NASA/Ames Research Center/Daniel Rutter)

Lebih lanjut, walaupun Kepler-1649c menjadi kandidat terbaik sebagai rumah kedua setelah Bumi, ilmuwan belum dapat memastikan apapun terutama mengenai atmosfer planet baru ini.

Kepler-1649c bukan planet baru pertama di galaksi yang memiliki wujud mirip Bumi. Sebelumnya, diketahui sudah ada beberapa planet lainnya yang masuk dalam kualifikasi tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Kenapa Bintang Digambarkan dengan Lima Sudut, Padahal Aslinya Bulat