Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 23 April 2020 | 14:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hilal begitu identik dengan Ramadan dan sebagai penentu awal puasa. Menjelang puasa, biasanya ramai pembahasan mengenai Hilal, lalu apa sebenarnya Hilal jika dilihat secara ilmiah?

Sebelum melakukan ibadah puasa, biasanya umat Muslim akan melakukan pemantauan Hilal, apakah sudah tampak atau belum. Untuk tugas ini, dilakukan oleh Kemenag sebelum menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadan.

Melihat asal bahasanya, Hilal merupakan istilah dari bahasa Arab yang berarti bulan sabit. Menentukan Hilal biasanya dilakukan dengan memantau bulan sabit pertama menggunakan mata telanjang atau alat bantu pengamatan.

Secara ilmiah, Hilal merupakan bagian dari fase bulan. Cecep Nurwendaya, anggota Banda Hisab Rukyat Kemenag RI menyebutkan bahwa ada lima fase bulan saat memantau Hilal.

Fase pertama yaitu bulan baru, fase kedua adalah bulan sabit atau Hilal, fase ketiga yaitu bulan separuh kuartil pertama, fase keempat yaitu bulan besar, dan fase terakhir yaitu bulan tua.

Petugas memantau penampakan Hilal di Masjid Al-Musyari'in, Basmol, Jakarta, Minggu (5/5). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Mengutip Jurnal Universum, dalam pandangan astronomi moder, Hilal baru dapat terlihat jika posisi bulan dalam jarak minimal 8 derajat di samping matahari.

Memantau Hilal untuk menentukan awal puasa dimulai biasanya dilakukan pemantauan pada bulan sabit muda yang terlihat usai terjadi bulan baru pada arah matahari terbenam. Penampakannya lalu menjadi acuan dalam kalender Islam.

Hilal pada umumnya memiliki bentuk tegak layaknya bulan sabit yang tipis. Lengkungan Hilal biasanya berada pada arah matahari. Hilal sering kali nampak mirip goresan cahaya yang tipis sehingga sulit dilihat.

Di Indonesia, penentuan Hilal dilakukan dengan dua metode yaitu rukyah dan wujud Hilal. Dua metode ini yang lalu membuat Indonesia memiliki dua waktu perayaan Ramadan dan Idul Fitri.

Petugas memantau penampakan Hilal di Masjid Al-Musyari'in, Basmol, Jakarta, Minggu (5/5). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Metode rukyah biasanya dengan menggunakan pantauan mata yaitu dengan batasan pengamatan mata dua derajat. Jika Hilal terlihat dengan menggunakan metode rukyah, maka besok adalah hari pertama dalam kalender Hijriah.

Metode kedua adalah wujudal Hilal yang percaya jika Hilal berada di atas cakrawala. Saat Hilal sudah berada di atas cakrawala, maka malam tersebut sudah memasuki bulan baru dalam kalender Hijriah.

Untuk memantau Hilal kini sudah tercipta berbagai teknologi super canggih. Sebelumnya, beberapa orang melakukan pengamatan Hilal dengan menggunakan mata telanjang.

Selain menggunakan teleskop, saat ini pengamatan Hilal juga menggunakan kamera digital yang hasilnya bisa diolah untuk meningkatkan kontras antara Hilal dan cahaya syafak atau senja.

Melansir dari Suara.com, Kementerian Agama nantinya akan menggelar sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1441H pada Kamis 23 April 2020 dan digelar secara virtual untuk mencegah penyebaran virus corona.

BACA SELANJUTNYA

21 Ucapan Idul Fitri Bahasa Inggris Cocok untuk Status WhatsApp