Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 01 Mei 2020 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Satu lagi asteroid raksasa yang sempat bergerak mendekati Bumi beberapa waktu lalu. Menariknya, asteroid ini tidak sendirian namun membawa 4 rekan.

Salah satu asteroid, yang bernama 2020HS7, melesat begitu dekat dengan Bumi. Menurut NASA, asteroid ini bahkan mendekati ke area operasi satelit-satelit.

Asteroid raksasa 1998 OR2 melesat dekat Bumi Rabu kemarin (29/4/2020) , sekitar pukul 16.55 WIB dan kedatangannya diawasi dengan was-was oleh para astronom di seluruh dunia.

Memiliki panjang sekitar 4,1 kilometer atau setara dengan sebuah gunung di Bumi, asteroid 1998 OR2 bisa memicu bencana dasyat jika menghantam Bumi.

Untungnya kemarin ia cuma lewat di jarak sekitar 6,2 juta km dari Bumi atau setara dengan 16 kali jarak Bumi ke Bulan.

Tetapi ketika orang-orang fokus ke asteroid raksasa itu, badan antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan bahwa sepekan ini setidaknya ada empat asteroid lain yang juga melewati Bumi dalam jarak dekat selama 7 hari terakhir.

Ilustrasi asteroid raksasa. (Pixabay/ CharlVera)

Salah satu asteroid, yang bernama 2020HS7, melesat begitu dekat dengan Bumi. Menurut NASA, asteroid ini bahkan mendekati ke area operasi satelit-satelit.

Tetapi kabar baiknya adalah selain 1998 OR2, empat satelit lainnya berukuran sangat kecil. Sekalipun mereka masuk ke Bumi, asteroid-asteroid itu akan habis dibakar di atmosfer dan karenanya tidak membahayakan.

Asteroid 1998 OR2 sendiri diperkirakan akan lewat dekat Bumi sekitar 3,67 tahun sekali, sesuai dengan lintasan orbitnya mengelilingi Matahari.

Sampai tahun 2100, titik terdekatnya dengan Bumi diperkirakan akan terjadi pada 2079 saat ia berjarak 1,7 juta km dari planet kita tercinta.

Itulah Asteroid raksasa yang terpantau sempat bergerak dekati Bumi, tidak sendirian namun membawa beberapa rekan lainnya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Asteroid Seukuran Gedung Tiga Lantai Sempat Dekati Bumi namun Tak Usung Bahaya