Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 28 Mei 2020 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cukup kesal karena terdapat suara aneh yang dianggap sebagai seekor merpati, seorang pria asal Belanda ini tak menyangka bahwa dirinya menjumpai burung hantu terbesar di Eropa.

Sangat unik, perkebunan mini di sebuah apartemen lantai tiga milik seorang pria bernama Jos Baart justru disinggahi oleh burung hantu terbesar di Eropa.

Hewan tersebut bahkan membuat sarang tepat di samping jendela sehingga Jos Baart bisa menjumpainya setiap hari.

Sebuah suara keributan yang mengganggu telinga Jos Baart ternyata merupakan suara dari induk burung hantu terbesar di Eropa, seekor eagle-owl (Bubo bubo) Eurasia.

Cuplikan menggemaskan dari beberapa ekor anak burung hantu terbesar di Eropa ini bisa kita lihat dari video milik Vroege Vogels, sebuah media khusus pengetahuan alam dan aktivis lingkungan.

Pria ini memenemukan sarang dan anak burung hantu terbesar di Eropa. (Twitter/ VroegeVogels)

Semak-semak di dekat jendela justru dijadikan sarang dan seekor induk eagle-owl tampak mengawasinya dari kejauhan.

"Kami hampir tidak bisa mempercayainya ketika mendapat pesan dari Jos Baart yang memberi tahu kami bahwa burung hantu terbesar di Eropa, burung hantu elang Eurasia, telah membuat sarang pada sebuah perkebunan di depan jendelanya. Tidak hanya itu, dia juga telah menetaskan tiga anak berukuran raksasa!" kata akun @ViregeVogels pada video viral di Twitter.

Dikutip dari Wikipedia, bersumber dari buku berjudul "Owls of the World: A Photographic Guide", eagle-owl (Bubo bubo) kadang-kadang disebut sebagai salah satu burung hantu terbesar di dunia.

Karena ukurannya, mereka mengokohkan diri sebagai burung hantu terbesar di Eropa.

Induk burung hantu terbesar di Eropa tampak mengawasi sarang di dekat jendela. (Twitter/ VroegeVogels)

Burung hantu-elang Eurasia adalah burung yang sangat besar dengan ukuran lebih kecil dari burung elang emas (Aquila chrysaetos), tetapi lebih besar dari burung hantu salju (Bubo scandiacus).

Dilansir dari IFLScience, burung ini dapat hidup hingga 20 tahun dengan lebar sayap lebih dari 1,5 meter.

Eagle-owl (Bubo bubo) biasanya memiliki lebar sayap 121-188 sentimeter.

Bahkan spesimen terbesar yang pernah ditemukan ilmuwan kemungkinan mencapai rentang sayap 200 sentimeter.

Jos Baart sangat bahagia karena burung hantu tersebut tidak takut pada manusia sehingga ia bisa memandangi mereka setiap hari.

"Pertama kali aku berpikir, aku kira itu merpati yang ribut di antara semak-semak. Sekarang, kita bisa melihat betapa santainya mereka. Hewan-hewan ini tidak takut sama sekali, Bagi saya, ini seperti menonton film 24-7," kata Baart pada media Belanda, Vroege Vogels.

Tak hanya Baart, sepertinya kita juga ikut senang setelah melihat burung hantu terbesar di Eropa itu sukses bersarang di apartemen seseorang.

BACA SELANJUTNYA

Amerika Serikat Hadapi Invasi Babi Super, Bikin Pemburu Keteteran