Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 01 Juni 2020 | 19:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ditemukan sarang elang botak  (Haliaeetus leucocephalus) sejak 1905 di Cape Cod, Massachusetts ketika para ahli satwa liar mengumumkan populasi spesies yang terancam punah. 

Menurut Divisi perikanan dan Margasatwa (MassWildlife) Massachusetts, sebanyak lebih dari 70 sarang yang terdikumentasi telah ditemukan di seluruh negara bagian, di mana sembilan sarang di antaranya belum pernah dilaporkan.

Di antara yang paling terkenal adalah sarang Barnstable pertama di Cape Cod dalam 115 tahun. Sebelumnya, sarang terakhir dengan telur ditemukan di Kota Sandwich pada 1905.

"Ketika populasi elang terus tumbuh, tantangan baru muncul ketika pasangan mencoba membangun wilayah baru. Elang ini memiliki pesaing teritorial seperti osprey dan elang lain yang bertarung untuk membuat sarang dan habitat lain yang saling menguntungkan," tulis MassWildlife dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari IFL Science, Senin (1/6/2002).

Sarang Elang botak. [Mass.gov]

Status elang botak kini diturunkan dari "spesies yang terancam" menjadi "salah satu perhatian khusus" dalam daftar Undang-Undang Spesies Terancam Punah Massachusetts pada 2012 dan dihapus dari daftar Spesies Terancam Punah Federal pada 2007.

Spesies ini menghadapi kepunahan pada pergantian abad setelah dibunuh oleh para pemburu ilegal dan menghadapi pemusnahan lebih lanjut karena hilangnya habitat dan keracunan dari penggunaan pestisida DDT secara luas pada tahun 1950-an dan 60-an.

Umumnya, setelah elang yang telah berpasangan memilih lokasi bersarang dengan jangkauan yang tinggi, pasangan akan membangun sarang berukuran 3,7 meter kali 2,5 meter menggunakan tongkat atau ranting. Pasangan elang ini akan kembali setiap tahun untuk bertelur sebanyak satu hingga tiga telur di musim semi.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

7 Burung Nasional Amerika Mati Diracun, Rp 142 Juta Bagi Penemu Tersangka