Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 02 Juni 2020 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masuk bulan Juni 2020, setidaknya ada 5 fenomena langit yang akan membuatmu takjub melihatnya. Persiapkan diri kamu dan siap-siap menyambut deretan fenomena langit ini ya.

Beberapa fenomena langit yang akan terjadi di Juni 2020 ini termasuk konjungsi Saturnus dan Jupiter, Bulan di titik terdekat Bumi, kemunculan Venus, Merkurius, hingga munculnya Gerhana Bulan Penumbra.

Salah satu fenomena langit yang menarik terjadi di Juni 2020 ini adalah kemunculan Strawberry Full Moon. Romantis dan dapat disaksikan dari Bumi saat cuaca cerah, jangan lupa menantikan kedatangan fenomena langit ini ya.

Mengutip laman Pussainsa LAPAN, catat dan buat reminder, berikut 5 fenomena langit paling menakjubkan yang akan terjadi pada Juni 2020 ini.

1. Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi

Ilustrasi Bulan. (pakutaso)

Pada 3 Juni 2020 pukul 10.47 WIB, Bulan akan berada di titik terdekat dengan Bumi yaitu pada jarak 364.340 kilometer dari pusat Bumi. Saat hal ini terjadi, kamu akan melihat Bulan dengan ukuran yang jauh lebih besar.

2. Fase Bulan purnama

Ilustrasi Supermoon atau Bulan Purnama. (Pixabay)

Pada 5 Juni 2020 pukul 02.12 WIB, menyambut Strawberry Full Moon, akan muncul fase Bulan purnama saat Bulan tepat berada di belakang Bumi jika dilihat dari Matahari. Bulan ini dikenal sebagai Bulan Mawar Penuh atau Bulan Madu Penuh.

3. Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan. (Suara.com/Arief Hermawan P)

Menyusul fase Bulan purnama, Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada 6 Juni 2020 pukul 00.45.51 WIB saat pertama kali muncul. Saat fenomena ini terjadi, Bulan melewati bayangan sebagian Bumi atau yang dikenal sebagai penumbra. Bulan nantinya akan terlihat sedikit lebih gelap.

4. Strawberry Full Moon

Foto Bulan karya Andrew McCarthy. (instagram/cosmic_background)

Pukul 02.12 pada 6 Juni 2020 akan datang Strawberry Full Moon pada jarak 369.005 kilometer dari pusat Bumi. Disebut demikian karena pada Bulan ini buah stroberi dimasak dan disiapkan untuk dipetik.

5. Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)

Pada 21 Juni 2020, Gerhana Matahari Cincin akan terjadi saat Bulan menjauhi Bumi dan menutupi Matahari. Saat itu, cincin Matahari akan nampak menutupi sebagian Bulan. Gerhana Matahari Cincin akan terlihat jelas dari sebagian besar Afrika Timur, Timur Tengah, dan Asia Selatan.

Itu tadi 5 fenomena langit paling menakjubkan yang akan terjadi di Juni 2020. Kamu tertarik menyaksikan yang mana?

BACA SELANJUTNYA

Daftar Kota di Indonesia yang Bisa Menyaksikan Gerhana Bulan Total Hari Ini