Selasa, 23 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 04 Juni 2020 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mengumpulkan gambar dari berbagai sumber, mulai dari satelit di orbit geosinkron, Google Earth kerap mengambil foto resolusi rendah dari puluhan ribu mil di atas Bumi hingga satelit yang menangkap bidikan beresolusi lebih tinggi.

Gambar yang disajikan Google Earth tersedia untuk siapa saja. Namun tak jarang Google Earth menangkap pemandangan yang aneh dalam suatu wilayah. Dilansir dari Live Science, Kamis (4/6/2020), berikut lima pemandangan teraneh di Google Earth:

1. Geoglyph berbentuk swastika

Geoglyph atau dikenal sebagai garis Nazca ini merupakan garis-garis berpola misterius berukuran raksasa yang terukir di tanah. Pola itu menyerupai representasi dari manusia, hewan, dan geomteri lainnya yang diperkirakan dibuat sekitar 2.500 tahun lalu.

Tetapi para ilmuwan telah menemukan lebih dari 50 geoglyph di Kazakhstan utara di Asia Tengah, dengan salah satu desain berbentuk swastika. Swastika sendiri merupakan salah satu simbol paling disucikan dalam tradisi hindu. Lambang swastika juga menjadi simbol utama Nazi.

Geoglyph berbentuk swastika. [Google earth/livescience]

Meskipun simbol swastika dibuat dari kayu, banyak geoglyph terbuat dari gundukan tanah. Jika melihat usia geoglyph yang berusia ribuan tahun yang lalu, swastika tidak berafiliasi dengan kepercayaan politik apapun.

BACA SELANJUTNYA

5 Fakta Menarik Satelit Satria, Terbesar di Asia yang Diangkut SpaceX