Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Minggu, 21 Juni 2020 | 16:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Minggu (21/6/2020), seluruh dunia dan Indonesia khususnya menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin. Terjadi tepat pukul 16.02 WITA atau 15.02 WIB, fenomena ini begitu dinantikan netizen.

Menurut keterangan resmi yang disampaikan BMKG, tidak seluruh daerah di Indonesia dapat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin. Yang dapat disaksikan lalu hanya Gerhana Matahari Sebagian.

Di dunia, beberapa wilayah yang dapat menyaksikan Gerhana Matahari Cincin adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, China, dan Samudra Pasifik.

Sedangkan untuk Gerhana Matahari Sebagian, terjadi di Afrika bagian Utara dan Timur, Asia, Samudra Hindia, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudra Pasifik.

Melalui live streaming di laman Lapan Kupang, fenomena Gerhana Matahari Sebagian ini lalu dapat disaksikan oleh netizen di seluruh bagian Indonesia. Berdasarkan informasi yang ditampilkan, Gerhana Matahari Sebagian terjadi tepat pukul 16.02 WITA.

Untuk puncak Gerhana Matahari Sebagian terjadi tepat pada pukul 16.32 WITA atau 15.32 WIB. Diperkirakan oleh BMKG, Gerhana Matahari Sebagian akan berakhir pada pukul 17.01 WITA atau 16.01 WIB.

Untuk kamu yang kelewatan, berikut beberapa momen Gerhana Matahari Sebagian yang diambil dari live streaming Lapan Kupang.

1. Pada pukul 16.08 WITA, kanan bawah Matahari nampak bayangan hitam yang perlahan mulai menutupi sebagian permukaan Matahari.

Gerhana Matahari Cincin 21 Juni. (youtube/Lapan Kupang)

2. Setengah perjalanan dari terjadinya Gerhana Matahari Sebagian, pada pukul 16.29 WITA, bagian Matahari yang tertutupi Bulan menjadi cukup besar dan berada di sisi kanan Bulan.

Gerhana Matahari Cincin 21 Juni. (youtube/Lapan Kupang)

3. Pada pukul 16.44 WITA penampakan Gerhana Matahari Sebagian dihiasi dengan kabut yang tidak diketahui disebabkan oleh apa.

Gerhana Matahari Cincin 21 Juni. (youtube/Lapan Kupang)

4. Mendekati waktu berakhirnya Gerhana Matahari Sebagian, pada pukul 16.55 WITA, bagian gelap di permukaan Matahari mulai kembali ke posisi semula.

Gerhana Matahari Cincin 21 Juni. (youtube/Lapan Kupang)

5. Pukul 16.58 WITA, Gerhana Matahari Sebagian mulai berakhir.

Gerhana Matahari Cincin 21 Juni. (youtube/Lapan Kupang)

Pada dasarnya, walaupun tidak dapat menyaksikan Gerhana Matahari Cincin, sebagian besar wilayah di Indonesia dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian. Sebagian besar wilayah yang dapat menyaksikan fenomena ini ada di Jawa serta selatan Sumatera.

BACA SELANJUTNYA

Terjadi Sebentar Lagi, Ini Link Live Streaming Gerhana Matahari Cincin