Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 24 Juni 2020 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah perusahaan pariwisata antariksa Space Perspective berencana mengirim wisatawanke stratosfer menggunakan balon raksasa pada 2024 nanti. 

Perjalanan ke stratosfer ini akan memberikan wisatawan pemandangan spektakuler karena melihat Bumi dari luar angkasa.

Nantinya, balon raksasa bernama Spaceship Neptune ini akan dilengkapi pod yang berisi minibar, toilet, dan banyak jendela besar yang memungkinkan wisatawan melihat pemandangan dari luar Bumi.

Konon, Spaceship Neptune mampu mengangkut dan menerbangkan 9 penumpang (termasuk pilot) hingga ketinggian maksimal 10.000 kaki dari permukaan Bumi. Perjalanan dari darat hingga ke stratosfer ditaksir mencapai waktu 2 jam.

Sesampainya di stratosfer, para wisatawan akan diajak untuk melayang di atas Samudra Atlantik selama dua jam sebelum akhirnya kembali ke Bumi.

Tamasya ke luar angkasa dengan balon udara raksasa. [The Space Perspective]

Meski perusahaan belum mengumumkan tarif perjalanan wisata luar angkasa ini, namun The Sun melaporkan, Selasa (23/6/2020) bahwa wisatawan harus merogoh kocek sebesar 125 ribu dolar AS atau setara Rp 1,77 miliar.

Sebagai langkah awal, Space Perspective akan melakukan uji penerbangan tanpa awak pada awal 2024.

"Untuk pertama kalinya, kami dapat membuat sensasi penerbangan antariksa dapat diakses oleh Anda dan penjelajah kami, dengan cara yang aman dan nyaman dengan persyaratan fisik minimal dan semudah menaiki pesawat terbang," tulis Space Perspective di laman resminya.

Setelah Spaceship Neptune rampung, perusahaan menargetkan setidaknya mereka melayani 500 penerbangan dalam satu dekade awal.

Penerbangan balon raksasa nanti akan lepas landas dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.(Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat Bentuk Pusat Komando di Indo-Pasifik: Bukan Alien, Ternyata Ini Ancamannya