Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 26 Juni 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sering kali dianggap sepele, beberapa hal penting rupanya sering terjadi dalam waktu kurang dari 1 detik. Tercatat, setidaknya ada 5 momen sejarah yang pernah terjadi hanya dalam 1 detik, salah satunya adalah momen bom Hiroshima dan Nagasaki.

Berlangsung sangat cepat, siapa sangka jika momen bersejarah ini justru menjadi salah satu hal yang dapat mengubah dan mempengaruhi dunia secara umum dalam waktu cepat atau lama. Mengutip Listverse, setidaknya ada 5 momen sejarah yang terjadi dalam 1 detik, berikut beberapa di antaranya.

1. Asteroid di Era Mesozoikum

Momen sejarah yang terjadi dalam 1 detik dan cukup mengenaskan adalah kepunahan massal pada akhir Era Mesozoikum sekitar 66 juta tahun yang lalu. Saat itu, asteroid berukuran gunung menghantam Bumi dengan luar biasa. Dalam sekejap mata, momen ini mengubah dunia dan Bumi hingga mengakibatkan kepunahan dinosaurus.

2. Pembunuhan Abraham Lincoln

Ilustrasi pistol. (Pexels)

Momen lainnya terjadi pada 14 April 1865 saat Presiden Abraham Lincoln dan istrinya dibunuh di Ford's Theatre di Washington DC. Saat itu, John Wilkes Booth menyelinap dan menembak Abraham Lincoln. Peluru yang keluar dari pistol oknum ini bahkan hanya terhitung 500 hingga 700 mili detik.

3. Bola lampu Thomas Alfa Edison

Pada 31 Desember 1879, Thomas Alfa Edison menarik saklar yang membuat arus listrik mengaliri bola lampu. Jarak listrik ke bola lampu ini adalah 186.000 mil per detik dalam ruang hampa udara. Hal ini yang lalu berpengaruh pada kehidupan manusia hingga saat ini.

4. Pesan nirkabel Guglielmo Marconi

Tahun 1901, Guglielmo Marconi mengirim transmisi jarak pendek melintasi Selat Inggris. Membantah teori transmisi sinyal kode yang melengkung mengikuti Bumi, sinyal ini memantul pada ionosfer dan bergerak dalam kecepatan cahaya.

5. Bom Hiroshima dan Nagasaki

Ilustrasi bom atom. (pixabay/AlexAntropov86)

Dua bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki berlangsung snagat cepat pada tahun 1945. Dengan memperhitungkan semua jumlah energi dalam bom tersebut, fisikawan memprediksi bahwa proses ini terjadi dalam waktu satu mikrodetik atau sepersejuta detik.

Berlangsung sangat cepat, beberapa tahun kemudian, 5 momen sejarah ini memberikan efek luar biasa bagi kehidupan manusia modern saat ini. Beberapa efek yang terjadi adalah positif dan negatif yang membuat keadaan berubah drastis seperti sekarang ini.

BACA SELANJUTNYA

Bikin Penasaran, Apa Arti Emoji Wajah Malaikat?