Selasa, 16 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 30 Juni 2020 | 19:02 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dibuka untuk umum, NASA gelar lomba desain toilet di Bulan dengan hadiah sebesar  35.000 dolar AS atau kisaran Rp 501 juta.

Gelaran lomba yang diadakan Badan antariksa asal Amerika Serikat (AS) tersebut diberi nama Lunar Loo Challenge, di mana NASA menggandeng mitra komersial HeroX.

"Konsep desain toilet Bulan harus memungkinkan para astronot buang air kecil dan buang air besar di gayaberat mikro dan gravitasi Bulan. Mikro gravitasi secar umum dianggap zero-g dan dialami sebagai tanpa bobot," ucap perwakilan HeroX, seperti dikutip dari Mirror, Selasa (30/6/2020).

Dia menambahkan, G-force sebenarnya tidak nol dalam gayaberat mikro, tapi itu sangat kecil. Gravitasi Bulan sekitar seperenam dari gravitasi Bumi, sehingga urin dan feses akan jatuh.

Menurut HeroX, toilet akan digunakan untuk dua astronot selama dua minggu. Selain itu, toilet harus mampu mengendalikan bau, menampung berbagai jenis limbah seperti urin, feses, muntah, diare, menstruasi, dan pengguna gender yang berbeda.

"Meskipun metode yang disukai untuk menangkap muntah adalah menggunakan tas emesis, tetapi poin bonus akan diberikan kepada desain yang dapat menangkap muntah tanpa mengharuskan anggota kru untuk meletakkan kepalanya di toilet," tambah HeroX.

Roket Program Artemis, RS-25. [NASA]

Dana hadiah Rp 490 juta akan dibagi kepada tiga pemenang, di mana pemenang pertama mendapatkan 20.000 dolar AS atau sekitar Rp 285 juta, pemenang kedua 10.000 dolar AS atau Rp 142 juta, dan pemenang ketiga 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 71 juta.

Bagi publik yang tertarik dapat mendaftar di situs web HeroX dengan kompetisi akan ditutup pada 17 Agustus 2020.

Seperti diketahui, NASA tengah menyiapkan misi Bulan berikutnya setelah hampir 50 tahun lalu mendarat di Bulan. 

NASA bertujuan mendaratkann astronot perempuan pertama dan laki-laki di Bulan pada 2024 mendatang. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

12 Orang yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan, Tak Hanya Neil Armstrong