Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 06 Juli 2020 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pegunungan Alpen ternyata masih menyimpan misteri. Belum lama ini para ilmuan tengah dikagetkan dengan penemuan es misterius yang berwarna pink di pegunungan tersebut.

Para ilmuwan di Italia kini tengah menyelidiki kemunculan es pink atau merah muda yang misterius berada di Pegunungan Alpen.

Warna merah muda itu diduga disebabkan oleh alga yang mempercepat efek perubahan iklim.

Ada perdebatan tentang dari mana alga itu berasal, tetapi menurut Biagio Di Mauro dari Dewan Riset Nasional Italia mengatakan, salju merah muda yang diamati pada bagian gletser Presena kemungkinan disebabkan oleh tanaman yang sama yang ditemukan di Greenland.

"Ganggang itu tidak berbahaya, itu adalah fenomena alam yang terjadi selama periode musim semi dan musim panas di lintang tengah dan juga di Polandia," ucap Mauro yang sebelumnya telah mempelajari ganggang di gletser Morteratsch di Swiss, seperti dikutip dari Science Alert, Senin (6/7/2020).

Ilustrasi Pegunungan Alpen. (Pixabay)

Meskipun ganggang tersebut tidak berbahaya, namun dampaknya dapat membahayakan Bumi. Umumnya, es memantulkan lebih dari 80 persen radiasi Matahari kembali ke atmosfer, tetapi ketika ganggang muncul, itu akan menggelapkan warna es sehingga menyerap panas dan membuat es mencair lebih cepat.

Lebih banyak ganggang muncul ketika es mencair lebih cepat, memberi ganggang air dan udara vital serta menambah rona merah pada es putih di Passo Gavia.

"Segala sesuatu yang menghitamkan warna salju akan menyebabkan salju mencair karena mempercepat penyerapan radiasi. Kami sedang mencoba untuk mengukur efek dari fenomena lain selain ulah manusia dalam pemanasan Bumi," tambah Mauro.

Mauro menyebut bahwa kehadiran pejalan kaki dan lift ski juga dapat berdampak pada kemunculan ganggang.

Beberapa turis yang datang ke gletser menyesali dampak perubahan iklim. Seorang turis dari Florence, Italia, mengatakan bahwa fenomena atmosfer semakin buruk dengan perubahan iklim yang semakin jelas.

Itulah temuan es pink yang misterius di pegunungan Alpen. Ilmuwan mendunga kemunculan ini terkait adanya perubahan iklim. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Italia Keluarkan Regulasi Anti-AI, Ini Sebabnya