Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 07 Juli 2020 | 06:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gempa kembali melanda wilayah Indonesia pada Selasa (7/7/2020) sekitar pukul 05.54 WIB. Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bermagnitudo 6,1 berpusat di 53 km barat laut Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Melansir dari akun Twitter resmi @infoBMKG, gempa bermagnitudo 6,1 di barat laut Jepara tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sampai berita ini dimuat, belum diketahui secara pasti laporan langsung mengenai korban jiwa atau kerusakan fisik akibat gempa.

"#Gempa Mag:6.1, 07-Jul-20 05:54:44 WIB, Lok:6.12 LS,110.55 BT (53 km BaratLaut JEPARA-JATENG), Kedlmn:578 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," tulis @infoBMKG melalui akun Twitternya.

Gempa ini terasa hingga ke Yogyakarta dan sekitarnya, salah satu netizen, @alvinmalana turut mengunggah rekaman video yang menunjukkan adanya getaran yag terasa di salah satu ruangan.

Gempa Jepara Selasa 7 Juli 2020. (@InfoBMKG)

Dalam rekaman yang berdurasi tidak lebih dari 15 detik tersebut menunjukkan adanya goyangan meski tidak terasa besar.

Sedangkan netizen @amiramoksa mengaku gempa pagi ini terasa dari Purworejo. Dan @cxrlygrl mengaku gempa terasa di Tulungagung.

Meski sudah disampaikan tidak berpotensi tsunami, BMKG melalui websitenya mengimbau warga agar waspada dan berhati-hati adanya potensi gempa susulan.

Itulah laporan BMKG terbaru mengenai gempa gempa bermagnitudo 6,1 di barat laut Jepara yang tidak berpotensi tsunami. (SuaraJogja.id/ M Nurhadi).

BACA SELANJUTNYA

Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Sekarang, Ini Penjelasan BMKG