Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 09 Juli 2020 | 20:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NASA melalui akun Instagram resminya mengunggah foto Komet Neowise di Tata Surya. Membuat siapa saja kagum, Komet Neowise diketahui akan sering terlihat sepanjang bulan Juli 2020 ini.

Komet Neowise atau Near Earth Object Wide-Infrared Survey Explorer ini pertama kali ditemukan pada 27 Maret 2020 lalu dan dimasukkan oleh NASA dalam kategori C/2020 F3.

Mengutip Space.com, Komet Neowise saat pertama kali ditemukan berada dalam jarak 194 juta mil atau 312 juta kilometer dari Matahari dan bersinar pada +17. Angka ini membuat Komet Neowise 25.000 kali lebih redup jika dibandingkan dengan bintang paling samar.

Menurut prediksi ilmuwan, Komet Neowise terlihat dari Bumi pada 5 Juli 2020 atau 6 Juli 2020 di pagi hari dan berada di timur laut. Pada 11 Juli 2020 mendatang, Komet Neowise akan mencapai ketinggian 10 derajat.

Dari jangka waktu ini, Komet Neowise akan meluncur ke cakrawala bagian utara-timur laut sebelum kemudian menghilang dari visibilitas fajar.

Komet Neowise di Tata Surya. (NASA)

Jika kamu penasaran dengan kemunculan Komet Neowise dengan lebih jelas, pastikan untuk memandangi langit malam pada 12 Juli 2020 mendatang. Saat itu, Komet Neowise berada dalam jarak yang rendah di langit barat laut.

Namun, jika pada 12 Juli 2020 masih terasa kurang jelas, pastikan untuk menyaksikan Komet Neowise pada 22 Juli 2020 mendatang. Saat itu, komet ini akan berada dalam jarak terdekat dengan Bumi yaitu pada jarak 64 juta mil atau 103 juta kilometer.

Sebagai awal, NASA baru-baru ini mengunggah potret Komet Neowise saat berada di Tata Surya. Potret ini diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS ketika berada tepat di atas Laut Mediterania di antara Tunisia dan Italia.

Ilustrasi galaksi. (pixabay/theartofsounds2001)

Terlihat kecil, dalam potret yang diambil pada 5 Juli 2020 lalu ini Komet Neowise mengarah kencang ke salah satu sisi Tata Surya yang ditandai dengan bagian cerah dan gelap ini.

Untuk bisa menyaksikan Komet Neowise dari Bumi, jangan lupa untuk menandai waktu-waktu yang telah dipaparkan di atas ini ya.

BACA SELANJUTNYA

Kenapa Bintang Digambarkan dengan Lima Sudut, Padahal Aslinya Bulat