Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 Agustus 2020 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ilmuwan temukan empat tulang yang dianggap sebagai kerabat T-Rex yang diperkirakan memiliki panjang tubuh sekitar 4 meter dan hidup pada 115 juta tahun silam.

Tulang yang ditemukan di Pulau Wight, Inggris ini diyakini milik spesies dinosaurus theropoda yang sebelumnya tidak diketahui.

Penemuan yang diterbitkan dalam jurnal Papers in Palaeontology ini, menggambarkan empat fosil yang diserahkan ke Sandown Dinosaur Isle Museum oleh orang-orang yang menemukannya.

Salah satu pemburu fosil tersebut bernama Robin Ward, yang sedang dalam liburan keluarga ketika ia menemukan salah satu sisa fosil misterius.

"Saya pikir tulang itu istimewa, jadi membawanya ketika kami mengunjungi Sandown Dinosaur Isle Museum. Mereka segera tahu ini adalah sesuatu yang langka dan bertanya apakah kami bisa menyumbangkannya ke museum untuk diteliti sepenuhnya," kata Ward dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari IFL Science, Jumat (14/8/2020).

Ilustrasi fosil Tyrannosaurus Rex (T-Rex). [Shutterstock]

Temuannya disatukan dengan tiga penemuan lainnya yang diserahkan oleh sesama pemburu fosil, yang kemudian dipelajari oleh ahli paleontologi dari University of Southampton.

Setelah dilakukan analisis, para ilmuwan menyadari bahwa fosil yang ditemukan adalah genus dinosaurus yang baru dan sebelumnya tidak pernah diketahui.

"Kami terkejut betapa kosongnya hewan ini. Itu penuh dengan ruang udara. Bagian dari kerangkanya pasti agak rapuh," ucap Chris Barker, mahasiswa PhD di University of Southampton.

Spesies ini kemudian dinamai Vectaerovenator inopinatus dan bergabung dengan T-Rex serta burung modern dalam kelompok yang dikenal sebagai theropoda. 

Hewan ini dicirikan oleh tulang pneumatiknya, yang berisi kantung udara sebagai perpanjangan dari paru-paru untuk memperlancar aliran oksigen dan membuat kerangka ringan.

Fosil Dinosaurus Theropoda. [Eurekalert.org]

Diperkirakan Vectaerovenator inopinatus hidup di utara Shanklin, tempat fosil ditemukan. Barker menambahkan bahwa para ahli tentu ingin menemukan lebih banyak fosil serupa untuk menyempurnakan analisis mengenai hewan tersebut.

Itulah temuan ilmuwan, tulang spesies dinosaurus theropoda yang masih kerabat T-Rex. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Australia Hasilkan Listrik dari Udara, Ini Resep Rahasianya