Minggu, 20 September 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 06 September 2020 | 10:30 WIB

Hitekno.com - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA menyampaikan kalau akan ada asteroid raksasa yang akan melintasi dekat Bumi. Bahkan disebutkan batuan luar angkasa ini memiliki ukuran 3 kali lebih besar dari Big Ben.

Menurut NASA, asteriud raksasa itu bergerak dengan kecepatan lebih dari delapan mil per detik (14 km/s) dan akan mendekat pada Minggu pagi (waktu setempat).

Dikenal sebagai asteroid FR2010, objek tersebut diperkirakan tidak akan menabrak Planet Biru sehingga tidak berpotensi menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Sebagaimana melansir laman The Sun, Minggu (6/9/2020), menurut estimasi Badan Antariksa Amerika Serikat itu, asteroid FR 2010 akan terbang pada jarak sekitar 4,6 juta mil (7,4 juta km) dari Bumi, atau sama jauhnya dengan 19 kali jarak dari Bumi ke Bulan.

Meski mungkin terdengar jauh bagi orang awam, tetapi ini relatif cukup dekat dalam istilah ruang. Bahkan, NASA menganggap apa pun yang lewat dalam jarak 120 juta mil dari Bumi sebagai Objek Dekat Bumi (NEO).

Ilustrasi Asteroid melintasi Bumi. [urikyo33/Pixabay]

Ribuan NEO dilacak oleh para ilmuwan untuk memantau apakah mereka berpotensi bertabrakan dengan Bumi atau tidak.

Ini menjadi sangat penting untuk dilakukan. Satu perubahan kecil pada lintasan mereka bisa berarti bencana bagi Bumi.

Sedangkan asteroid FR2010 sendiri ditaksir memiliki lebar hingga 885 kaki (270 m), atau tiga kali ukuran menara ikonik di Inggris, Big Ben.

NASA memperkirakan, asteroid tersebut akan melintasi orbit Bumi pada 6 September 2020 sekitar pukul 8:38 waktu Amerika Serikat atau sekitar pukul 8 :38 malam WIB.

Itulah laporan NASA yang menyampaikan adanya asteroid raksasa yang dinamakan FR2020 akan melintasi Bumi. (Suara.com/ Tivan Rahmat).