Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 06 Oktober 2020 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tiga orang ilmuwan yang berjasa dalam penemuan virus Hepatitis C akhirnya mendapatkan penghargaan Nobel Kesehatan 2020.

Seperti diwartakan Suara.com (5/10/2020), ketiganya dianggap telah berjasa besar dalam dunia kesehatan.

Harvey Alter dan Charles Rice dari Amerika Serikat dan Michael Houghton dari Inggris memperoleh hadiah paling bergengsi di dunia ilmu pengetahuan berkat penemuan virus Hepatitis C, penyebab kanker hati dan sirosis.

Berkat jasa ketiganya, para dokter di dunia kini bisa mengenyahkah virus Hepatitis C sepenuhnya, demikian dikatakan oleh Majelis Nobel di Institut Karolinska, Swedia - lembaga yang berwenang memberikan Nobel Kesehatan.

"Sebelum mereka, penemuan virus Hepatitis A dan B telah dianggap sebagai langkah maju yang penting. Penemuan virus Hepatitis C mengungkap penyebab kasus-kasus hepatitis yang masih terjadi dan memungkinkan dilakukannya tes darah serta pengembangan obat baru yang menyelamatkan jutaan nyawa manusia," terang Majelis Nobel.

Harvey Alter dan Charles Rice dari Amerika Serikat dan Michael Houghton dari Inggris diumumkan sebagai penerima Nobel Kesehatan 2020 karena jasa mereka menemukan virus Hepatitis C. [Niklas Elmehed/Nobel Media]

Selain medali Nobel Kesehatan, ketiga ilmuwan ini akan menerima hadiah uang sebesar 10 juta kronor Swedia atau sekitar Rp 16,5 miliar.

Tetapi berbeda dari sebelumnya, pemberian medali Nobel tahun ini tak akan digelar langsung seperti biasanya karena adanya wabah Covid-19.

Para pemenang tahun ini akan diundang untuk menerima medali mereka pada tahun depan, bersama dengan para pemenang Nobel 2021.

Itulah tiga ilmuwan yang berjasa besar dalam penemuan virus Hepatitis C yang akhirnya mendapatkan penghargaan Nobel Kesehatan 2020. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Banyak Menjangkit Hewan Kurban, Apa Itu Lumpy Skin Disease?