Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 23 November 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perseverance, penjelajah Mars yang telah diluncurkan badan luar angkasa Amerika Serikat, NASA pada 30 Juli silam. Selama perjalanan ke Planet Merah tersebut, ternyata sambil merekam suara dalam perjalanan.

NASA menyampaikan kalau Perseverance telah berhasil merekam audio luar angkasa dalam perjelanan tersebut.

Robot tersebut dilengkapi dengan mikrofon yang dirancang untuk menangkap suara saat posisi masuk, turun, dan mendarat (EDL) setelah mencapai permukaan Mars pada Februari 2021.

Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA merilis file audio tersebut pada Rabu (18/11/2020), yang memberikan gambaran tentang apa yang penjelajah dengar selama perjalanan antarplanet dan suara itu terdengar seperti lembut.

Rekaman suara selama perjalanan luar angkasa ke planet Mars ini tentu jadi bahan penelitian para ilmuan.

Perseverance di planet Mars. [NASA]

Suara mendesing itu berasal dari pompa fluida anti panas rover. Menurut JPL, pompa itu terletak di sisi kanan belakang Perseverance dan pompa tersebut merupakan bagian dari sistem termal penjelajah, yang akan membantu menjaga suhu operasional komponen kendaraan, bahkan pada malam musim dingin yang sangat dingin.

"Di luar angkasa, tidak ada yang dapat mendengar Anda berteriak, tetapi itu dapat mendengar pompa cairan penolakan panas," kata Dave Gruel, insinyur utama untuk subsistem EDL Camera and Microphone di JPL, seperti dikutip CNET, Jumat (20/11/2020).

Gruel menambahkan bahwa mikrofon tersebut mampu menangkap murmur pompa melalui getaran mekanis.

Tak hanya itu, NASA juga membagikan klip SoundCloud berdurasi 60 detik saat pemeriksaan sistem mikrofon dan kamera EDL Perseverance pada 19 Oktober.

Tim di balik misi Perseverance sangat senang menerima suara desingan tersebut karena itu mengindikasikan bahwa sistem mikrofon berfungsi dengan baik.

Perseverance dengan mic. [NASA]

Perseverance ditargetkan mendarat di Kawah Jezero diyakini, menampung sebuah danau dan delta sungai miliaran tahun yang lalu, menjadikan wilayah tersebut tujuan yang ideal untuk Perseverance memburu sampel kehidupan di Mars.

Itulah keberhasilan penjelajahan Perseverance dalam merekam suara luar angkasa selama perjalanan ke Planet Mars. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Berapa Jarak Bumi ke Bulan, Lengkap Fakta Menariknya