Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 20 Januari 2021 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Robot Curiosity milik NASA peringati 3.000 hari di Mars sejak mendarat oada 6 Agustus 201 lalu dengan mengirimkan potret panorama yang ekstrem. 

Satu hari di Mars atau yang disebut sol sedikit lebih lama dari satu hari di Bumi, berdurasi lebih dari 24 jam 39 menit.

Para ilmuwan di balik misi Curiosity melacak aktivitas penjelajah itu berdasarkan sol. Misalnya, gambar yang diambil oleh Curiosity diberi tag dengan nomor sol sehingga foto yang diambil pada hari peringatan ini diberi tag "Sol 3000" serta penanggalan di Bumi yang sesuai.

NASA menandai hari khusus itu dengan merilis potret panorama yang megah.

Gambar tersebut berupa pemandangan mosaik Kawah Gale di Mars yang indah dan menunjukkan bagian dari Gunung Sharp, gunung utama yang besar di dalam kawah.

Hasil foto panorama Curiosity di Mars. [NASA]

"Ahli geologi tertarik untuk melihat serangkaian batu dalam panorama terbaru dari misi tersebut," kata NASA dalam pernyataan, seperti dikutip dari CNET, Rabu (20/1/2021).

Panorama dibuat dari 122 gambar yang diambil penjelajah pada 18 November 2020, yang merupakan sol Mars 2946.

Curiosity saat ini sedang menuju ke wilayah kawah yang dikenal sebagai "sulfate-bearing unit".

"Sulfat biasanya terbentuk di sekitar air saat menguap dan itu adalah petunjuk lain tentang bagaimana iklim serta prospek kehidupan berubah hampir 3 miliar tahun yang lalu," tambah NASA saat menjelaskan perjalanan penjelajah ke daerah baru ini.

Penjelajah terbaru Mars Perseverance saat ini tengah dalam perjalanan menuju Mars dan akan bergabung dengan Curiosity pada Februari 2021.

Robot Curiosity yang berumur panjang akan terus melanjutkan misinya untuk mempelajari Planet Mars. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Sebuah Komet Hijau Mendekati Bumi, Lintasannya Bisa Terlihat?