Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 27 Januari 2021 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Fenomena Bulan Purnama akan terjadi dan terlihat sejajar tepat di atas Ka'bah, Mekah. Kapan fenomena langka ini akan terjadi?

Menurut laporan para astronom, fenomena Bulan Purnama sejajar di atas Ka'bah ini akan terjadi pada Kamis (28/1/2021).

Fenomena langka ini akan terjadi pada pukul 12:43 dini hari waktu setempat atau sekitar pukul 04:43 WIB pada 29 Januari.

Pada saat itu, masyarakat Mekah akan dapat melihat Bulan Purnama yang muncul secara vertikal di atas Masjidil Haram dengan mata telanjang.

"Bulan akan terbit dari ufuk utara atau timur laut dan terbenam di ufuk utara atau barat laut," kata Majed Abu Zahira, presiden Asosiasi Astronomi Jeddah, seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (27/1/2021).

Artinya, dia menambahkan, itu akan mensimulasikan jalur tinggi Matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam.

"Tetapi di utara Lingkaran Arktik, Bulan tetap 24 jam di atas cakrawala, seperti Matahari tengah malam di musim panas," ujarnya.

Jemaah haji wajib menjaga jarak saat mengelilingi Ka'bah.[Kementerian Kebudayaan dan Informatika Arab Saudi]

Menurut Abu Zahira, Bulan Purnama akan berada pada ketinggian 89,57,46 derajat dan piringannya diterangi sepenuhnya sebesar 99,9 persen pada jarak 381.125 kilometer dari Bumi.

"Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam dengan terbitnya Matahari pada Jumat," tambah Abu Zahira.

Fenomena ini dapat digunakan untuk mencari arah kiblat dengan cara sederhana, dari beberapa wilayah di dunia.

Pasalnya, umat Islam di lokasi geografis yang jauh dari Masjidil Haram dapat mengandalkan arah bulan mengarah ke Mekah dengan cara sebanding dengan keakuratan aplikasi ponsel pintar.

Menurut laporan Middle East Monitor, Bulan Purnama muncul tepat di atas Masjidil Haram sekali setiap tahun.

Saat fenomena itu terjadi, masyarakat Mekkah dapat melihat Bulan Purnama di depan konstelasi bintang kembar.

Matahari berputar langsung di atas Ka'bah dua kali setiap tahun, umumnya pada Mei dan Juli. Meski kurang terlihat, saat fenomena itu terjadi, Ka'bah tidak akan memiliki bayangan.

Itulah laporan terbaru yang mengabarkan kalau fenomena Bulan Purnama sejajar di atas Ka'bah ini akan terjadi pada Kamis (28/1/2021). (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra, Kapan Terjadi Tahun 2023 Ini?