Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 28 Januari 2021 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada sebuah jurnal Canadian Journal of Earth Sciences, para ahli mengungkapkan ukuran bayi Tyrannosaurus

Dinosaurus yang berada di puncak predator itu rupanya memiliki ukuran sebesar anjing modern saat ini.

Penelitian ini mengamati sisa-sisa fosil embrio Tyrannosaurus untuk memperkirakan ukuran telur dan menemukan bahwa Tyrannosaurus yang baru lahir mungkin seukuran anjing Border Collie.

Spesimen yang diperiksa dalam penelitian ini adalah fosil embrio Tyrannosaurus pertama yang pernah diidentifikasi.

Tim ahli paleontologi membuat pemindaian 3D dari sisa-sisa fosil yang halus termasuk tulang rahang kecil dan cakar yang ditemukan di Kanada dan Amerika Serikat.

Bayi Tyrannosaurus. [Eurekalert.org]

Informasi ini memungkinkan untuk mengidentifikasi fragmen sebagai milik bayi Tyrannosaurus.

Para ilmuwan mampu mengukur hewan dari fragmen kecil termasuk gigi dan diperkirakan fragmen Tyrannosaurus ini hanya memiliki panjang kurang dari satu meter ketika menetas.

Telur Tyrannosaurus memang belum ditemukan dalam catatan fosil, tetapi para peneliti memperkirakan panjangnya sekitar 43,2 cm.

"Fosil ini adalah jendela pertama ke kehidupan awal Tyrannosaurus dan mereka mengajari kita tentang ukuran dan penampilan bayi Tyrannosaurus," kata Dr Greg Funston dari Sekolah GeoSciences Universitas Edinburgh, seperti dikutip dari IFL Science, Kamis (28/1/2021).

Tyrannosaurus hidup di Bumi sekitar 70 juta tahun lalu, sekitar pada Zaman Kapur akhir dan mampu tumbuh dengan panjang sekitar 12,2 meter serta berat mencapai 8.000 kilogram.

Hewan purba Tyrannosaurus merupakan predator yang ganas di masa jayanya, dengan gigi bergerigi untuk merobek daging dan rahang besar dan kuat. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap bahwa Tikus di New York Mulai Bisa Terjangkit Covid