Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 24 Maret 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Warga Natuna sempat dihebohkan dengan kemunculan makhluk misterius yang disebut-sebut sebagai hewan legenda bernama Gajah Mina. Apa itu?

Kemunculan makhluk misterius ini diteuman dalam bentuk bangkai di Laut Natuna Utara yang diduga dari Gajah Mina.

Kini, bangkai tersebut diserahkan pihak terkait untuk diselediki lebih lanjut. Lalu, apa itu Gajah Mina?

1. Kepercayaan Hindu

Dalam kepercayaan Hindu, Gaja Mina merupakan simbol istimewa. Hewan legenda ini merupakan perpaduan antara gajah dan ikan. Bagian kepalanya adalah gajah dan bagian bawahnya berupa ekor ikan.

Terkait sosok hewan Gajah Mina dijelaskan lebih lanjut dalam Lontar Yama Tattwa oleh Wangsa Wesia yakni salah satu naskah tradisional Bali yang berisikan tentang upacara agama Hindu dalam hal ini adalah ngaben.

Gajah Mina adalah salah satu dari tujuh makhluk mitologi dalam kepercayaan umat Hindu yang dikenal dengan sebutan 'makara'. Makhluk ini kerap muncul dalam ukiran candi atau arsiteksur pura.

Gajah mina disebut muncul di Natuna, Kepulauan Riau. (ist)

2. Seukuran Paus Dewasa

Para sesepuh pesisir menyebut bahwa hewan ini memiliki ukuran yang besar bahkan hingga mencapai ukuran paus dewasa. Gajah Mina memiliki belalai seperti gajah, sedikit bulu, sepasang gading, dan telinganya lebar.

3. Simbol Kekuatan

Palinggih Gajah Mina adalah simbol kekuatan yang luar biasa dan mahadahsyat dari Raja Lautan yakni Dewa Baruna. Makhluk ini dikatikan dengan cerita penyelamatan dunia oleh Matsya atau Avatara Wisnu dengan wujud ikan berkepala gajah.

4. LIPI Sebut Paus Baleen

Menurut LIPI, bangkai hewan tersebut bukanlah Gajah Mina melainkan bangkai paus baleen, yakni sejenis paus yang tidak memiliki gigi pada bagian rahang bawahnya. Selain itu, paus baleen juga memiliki saringan pada mulutnya menyerupai sapu ijuk yang berfungsi mnyaring plankton di air sebagai makanannya. 

Itulah penjelasan penemuan makhluk misterius yang disebut-sebut Gajah Mina, dan menurut LIPI adalah paus baleen yang sempat menghebohkan warga Natuna. Kamu percaya itu paus atau Gajah Mina? (Suara.com/ Lolita Valda Claudia).

BACA SELANJUTNYA

Bikin Nelayan Dapat Miliaran, Mengapa Muntahan Paus Bernilai Tinggi?