Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 10 April 2021 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gempa bumi dilaporkan mengguncang Malang, Jawa Timur hari ini, Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Dalam catatan dari BMKG, titik lokasi gempa bumi yang melanda Malang dan sekitarnya ini berada di lautan.

Tepatnya, lokasi gempa ada di 8,9 lintang selatan 112,48 bujur timur dengan kedalaman 25 kilometer di bawah permukaan tanah.

Berdasar tampilan peta gempa, pusat gempa ada di perairan Kabupaten Malang di sebelah tenggara. Menurut BMKG, beruntung gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami pasca-gempa.

Seperti disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Ma’muri. Ia menegaskan kalau tidak ada potensi Tsunami setelah gempa.

Informasi gempa bumi di Malang dan sekitarnya [Tangkapan layar BMKG]

"Tidak ada," kata Ma’muri menegaskan, seperti dikutip dari Beritajatim.com --jaringan Suara.com, Sabtu (10/4/2021).

Untuk data resminya, BMKG mencatat, Gempa sendiri bermagnitudo 6,7 skala richter, pukul 14:00:15 WIB. Gempa bumi ini terasa hingga sejumlah daerah sekitar Malang.

Trending Topik Twitter

Dilaporkan SuaraJogja.id, gempa bumi yang melanda Malang juga terasa cukup kencang oleh warga DIY, Sabtu (10/4/2021) siang, tak lama setelah hujan yang sempat mengguyur sebagian provinsi ini, termasuk Kabupaten Sleman, reda.

Twitter sontak diramaikan oleh cuitan yang menggambarkan kepanikan warga Jogja akibat gempa.

 Bahkan kata kunci "gempa" langsung menduduki peringkat pertama daftar trending topik Twitter.

Tercatat lebih dari 65 ribu kicauan yang mengandung kata gempa dibagikan netizen. Menurut warganet di Jogja, gempa terasa kencang dan cukup lama.

"Kaget banget gempanya lumayan kenceng jadi inget pas di Jogja dulu was was banget ada gempa susulan. Semoga di pusatnya ga parah dan ga banyak korban deh," tulis @ris***.

"Gempa terlama dan terpanik gw selama di jogja :" panik sampe ke ubun2," cuit

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan