Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 24 April 2021 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah berupaya menyebarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem agar masyarakat lebih waspada. Namun BMKG menghadapi tantangan sendiri.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengeluh lembaganya masih menghadapi tantangan terkait upaya dalam penyebaran informasi tersebut tidak selalu menarik perhatian publik.

Dwikorita di Jakarta, Jumat (24/4/2021) mengatakan peringatan dini yang dikeluarkan pihaknya tidak selalu menarik maupun mendapat perhatian masyarakat, contohnya saat mengeluarkan peringatan dini dampak Siklon Tropis Seroja.

"Ada pakar sosial media yang menganalisis saat peringatan dini dikeluarkan, menjadi tren yang naik. Tapi kemudian kalah dengan trendingnya pernikahan Atta-Aurel, jadi peringatan dini dianggap tidak menarik," kata Dwikorita, mengacu pada pernikahan pasangan selebritas Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang dihadiri Presiden Joko Widodo baru-baru ini.

Kasus lainnya saat BMKG mengeluarkan peringatan dini akan cuaca ekstrem Jakarta, namun tidak mendapat perhatian masyarakat meski telah diumumkan baik seminggu sebelum maupun tiga hari sebelum hujan lebat terjadi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Suara.com/Ria Rizki)

"Tetapi begitu Kedutaan Amerika menggunakan data BMKG untuk memberikan peringatan dini dengan karena bahasa Inggris, semuanya tertarik," kata dia.

Adapun tantangan lainnya adalah bagaimana BMKG melawan timbulnya hoaks yang beredar di masyarakat tentang potensi bencana.

Dwikorita melanjutkan bahwa kendala berikutnya yakni peringatan dini yang dikeluarkan bisa jadi sangat terlambat, atau tidak bisa sampai ke masyarakat lantaran kerusakan infrastruktur telekomunikasi.

Selain itu tantangan berikutnya saat petugas yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak ada di lokasi sistem peringatan dini, sehingga peringatan tidak tersampaikan.

Oleh karena itu, Dwikorita berupaya membuat agar peringatan disini dapat lebih menarik, sehingga dapat langsung menjadi informasi penting bagi masyarakat untuk tanggap terhadap bencana.

Itulah keluhan BMKG, yang menyebutkan kurangnya perhatian masyarakat pada peringatan dini cuaca ekstrem. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Sekarang, Ini Penjelasan BMKG