Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 05 Mei 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para arkeolog telah menemukan setidaknya 110 makam Mesir Kuno di situs Koum el-Khulgan. Banyak hal baru yang ditemukan dalam galian yang berlokasi di Provinsi Dakahlia, di delta Sungai Nil ini.

Diwartakan Suara.com, Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir telah mengungkapkan bahwa makam-makam itu tidak semuanya berasal dari periode yang sama.

Menurut arkeologi, makam-makam tersebut dari tiga zaman berbeda dalam sejarah Mesir kuno.

Sebanyak 68 makam berada dalam lubang berbentuk oval yang diukir dari lapisan berpasir di wilayah tersebut.

Makam tersebut diperkirakan berasal dari periode antara 6000 dan 3150 SM atau Periode Predinastik akhir ketika Lembah Nil masih terbelah menjadi Mesir Hulu dan Hilir.

Lima kuburan lainnya yang juga berbentuk oval berasal dari era Naqada III antara 3200 dan 3000 SM.

Beberapa makam ini memiliki lapisan tanah liat di bagian samping, bawah, bahkan atapnya.

Ilustrasi Mesir kuno. (Shutterstock)

Sementara itu, 37 makam sisanya berbentuk persegi panjang dan sedikit lebih baru. Makam-makam itu digali pada Periode Menengah Kedua (1782-1570 SM).

Orang-orang yang dimakamkan terkubur dalam posisi memanjang, di mana kepala menghadap ke arah barat dan wajah menghadap ke atas.

Para ahli menemukan banyak furnitur pemakaman dan cincin perak di dalamnya.

Di situs tersebut, para arkeolog juga menemukan beberapa makam anak-anak, termasuk peti mati tembikar untuk seorang anak, dua makam batu bata, dan seorang bayi yang dikuburkan di dalam pot tembikar besar.

Dilansir dari IFL Science, Selasa (4/5/2021), makam anak-anak tersebut ditemukan baik di makam oval yang lebih tua maupun di makam dari Periode Menengah Kedua.

Alat dan bahan konstruksi, oven dan kompor, jimat yang terbuat dari batu semi mulai, dan perhiasan seperti anting-anting juga ditemukan dalam penggalian ini.

Itulah temuan arkeolog, 110 makam Mesir Kuno yang berasal dari beragam masa dan beragam bentuk di delta Sungai Nil. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Setia, Momen Pria Kunjungi Makam Istri Setiap Hari Ini Bikin Netizen Terharu