Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 09 Mei 2021 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Roket ChinaLong March 5B yang segera jatuh menghantam Bumi memicu kekhawatiran. Pasalnya waktu dan tempat jatuhnya sempat belum bisa diprediksi secara presisi.

Beberapa pihak telah telah memprediksi kapan roket Long March 5B milik China ini akan tiba di Bumi.

Streaming video langsung menunjukkan lokasi terbaru dari roket China besar yang akan jatuh kembali ke Bumi pada Sabtu malam atau Minggu pagi (waktu setempat).

Pelacak menunjukkan posisi badan roket Long March 5B saat mengorbit planet selama jatuh bebas yang telah memicu kekhawatiran bahwa puing-puing bisa jatuh di daerah berpenduduk.

Samudra Atlantik Utara diidentifikasi sebagai kemungkinan lokasi kecelakaan, tetapi para ahli mengatakan, terlalu sulit mengatakan dengan tepat di mana dan kapan sisa-sisa roket yang jatuh bebas akan jatuh kembali melalui atmosfer.

Roket itu diperkirakan akan masuk kembali tak terkendali 139 menit di kedua sisi 0232 GMT pada Minggu (9/5/2021) waktu setempat, kata Pengawasan dan Pelacakan Luar Angkasa Uni Eropa (EU SST).

Komando Luar Angkasa AS memperkirakan masuk kembali akan terjadi pada 0204 GMT pada Minggu, plus atau minus satu jam, sementara Pusat Studi Reentry dan Debris Orbital (CORDS) di Aerospace Corporation, pusat penelitian dan pengembangan yang berfokus pada ruang angkasa didanai oleh pemerintah AS, memperbarui prediksinya menjadi empat jam di kedua sisi pukul 0330 GMT pada Minggu.

China meluncurkan roket Long March-5. (CNSA)

Militer AS mengatakan, puing-puing tidak terkendali sedang dilacak oleh Komando Luar Angkasa AS, dan tidak ada rencana untuk menembaknya jatuh.

EU SST mengatakan, di situs webnya bahwa probabilitas statistik dari dampak darat di daerah berpenduduk "rendah", tetapi mencatat bahwa sifat objek yang tidak terkendali membuat prediksi apa pun menjadi tidak pasti.

Long March 5B lepas landas dari pulau Hainan China pada 29 April lalu dengan modul Tianhe tak berawak, yang akan menjadi tempat tinggal di stasiun luar angkasa permanen China.

Ini adalah salah satu puing luar angkasa terbesar yang masuk kembali ke Bumi, dengan berat 18 ton.

Space-Track, melaporkan data yang dikumpulkan oleh Komando Luar Angkasa AS, telah memperkirakan puing-puing akan mendarat di Samudra Atlantik Utara.

Tapi di Twitter pada Sabtu bahwa perkiraan lokasi masuk kembali sebagian besar tidak pasti sampai hanya beberapa sebelumnya.

Pada Jumat, Aerospace Corporation mengumumkan bahwa Center for Orbital Reentry and Debris Studies (CORDS) mengatakan, "prediksi informasi" terbaru dari lokasi masuk kembali badan roket diberikan di dekat Pulau Utara Selandia Baru.

Dalam sebuah posting blog, Aerospace Corporation mengatakan, "Masuknya kembali Long March 5B tidak biasa karena selama peluncuran, tahap pertama roket mencapai kecepatan orbit alih-alih jatuh ke bawah seperti yang biasa dilakukan."

"Badan roket kosong sekarang berada dalam orbit elips di sekitar Bumi di mana ia ditarik menuju entri ulang yang tidak terkendali."

Pada Mei 2020, potongan-potongan dari Long March 5B pertama menghujani Pantai Gading, merusak beberapa bangunan, meskipun tidak ada korban yang dilaporkan.

Dilansir laman Mirror, Minggu (9/5/2021), puing-puing dari peluncuran roket China tidak jarang terjadi di Negara Tirai Bambu itu.

Pada akhir April, pihak berwenang di kota Shiyan, provinsi Hubei, mengeluarkan pemberitahuan kepada orang-orang di sekitar kabupaten tersebut untuk mempersiapkan evakuasi karena bagian-bagian diperkirakan akan mendarat di daerah tersebut.

Roket Long March terbaru yang diluncurkan pada 29 April adalah penyebaran kedua dari varian 5B sejak penerbangan perdananya pada Mei tahun lalu.

Tahap inti dari Long March 5B pertama yang kembali ke Bumi tahun lalu memiliki berat hampir 20 ton, hanya dilampaui oleh puing-puing dari pesawat ulang-alik Columbia pada 2003, stasiun luar angkasa Salyut 7 Uni Soviet pada 1991, dan Skylab NASA pada 1979. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

AS akan Batasi Investasi ke Perusahaan Teknologi China