Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 Mei 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah sketsa hasil karya Leonardo da Vinci akan dilelang dengan harga fantastis. Gamber berukuran kecil ini bakal dibuka lelang dengan harga mulai dari 16 juta dolar AS atau sekitar Rp 227 miliar.

Lelang sketsa berjudul Head of Bear buah karya Leonardo da Vinci akan diselenggarakan oleh Balai Lelang Christie.

Sketsa yang menampilkan kepala beruang tersebut berukuran 7 cm kali 7 cm dan digambar di atas kertas dengan perpaduan warna merah muda-krem pucat.

Dilansir dari Live Science pada Kamis (13/5/2021), menurut Rumah Lelang Christie, acara lelang akan dilaksanakan pada 8 Juli.

Sketsa tersebut adalah satu dari delapan gambar Leonardo da Vinci yang dimiliki secara pribadi dan bukan bagian dari Royal Collection dan Devonshire Collections di Chatsworth, Inggris.

Leonardo da Vinci membuat sketsa beruang itu seolah tampak menatap dengan malu-malu ke arah samping.

Sketsa tersebut menggunakan teknik silverpoint, di mana seorang seniman menggunakan potongan tipis kawat perak untuk membuat goresan pada kertas.

Lukisan "Head of Bear" karya Leonardo da Vinci [Live Science].

Menurut catatan sejarah, Leonardo da Vinci mempelajari teknik ini dari gurunya Andrea del Verrocchio, seorang pelukis dan pematung Italia.

Leonardo da Vinci menggambar sketsa yang mirip dengan kepala beruang pada paruh pertama tahun 1480-an, termasuk dua kucing dan seekor anjing yang dipajang di British Museum.

Pelukis sekaligus arsitek itu juga membuat sketsa cakar anjing yang dipajang di National Galleries of Scotland dan sketsa beruang berjalan yang dipajang di Metropolitan Museum of Art, New York.

Sketsa Head of Bear awalnya dimiliki oleh pengoleksi lukisan asal Inggris, Sir Thomas Lawrence. Ketika Lawrence meninggal pada 1830, dealernya menjual sketsa itu di lelang Christie seharga 3,50 dolar AS.

Sebelum dilelang, sketsa kepala beruang itu mulai dipamerkan di New York pada 8 Mei dan akan dibawa ke Hong Kong dalam pameran yang diselenggarakan pada 20 Mei dan 25 Mei.

Setelahnya, sketsa akan dibawa ke London untuk dipamerkan mulai 1-6 Juni sebelum akhirnya dilelang.

Berapa nantinya skesa Head of Bear karya Leonardo da Vinci ini akan terjual di lelang tersebut? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Resmi Rilis, Harga Advan Sketsa 3 cuma Rp 1.999.000 Saja