Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 20 Mei 2021 | 19:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pelajaran IPA yang kita dapatkan di bangku sekolah mengungkapkan bahwa katak merupakan mangsa ular dalam rantai makanan. Tak melulu seperti itu, video viral yang cukup mengagetkan ini memperlihatkan detik-detik ketika katak justru memakan ular.

Salah satu video bahkan sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu. Akun fanspage TikTok @animal.secrets membagikan video mengenai ular dan katak yang diletakkan dalam satu akuarium.

Bukannya memangsa, namun ular ini malah digigit duluan oleh seekor katak jumbo. Bahkan sang katak mencoba menelan tubuh sang ular dengan menyedotnya secara perlahan.

Ular tersebut menggeliat tak berdaya saat katak ini sedang menelan tubuhnya beberapa kali. Akun fanspage TikTok @animal.secrets sering membagikan tingkah lucu serta unik dari berbagai macam hewan.

Sebenarnya, sebagian besar katak (frog) merupakan mangsa dari ular. Meski begitu, beberapa ular enggan memangsa kodok (toad) mengingat mereka memilih untuk menghindar dari racun di kulitnya.

Katak atau kodok yang menelan ular ini bikin netizen heboh. (TikTok/ @animal.secrets)

Namun, terdapat beberapa spesies katak yang mampu menelan ular, meski itu bukanlah makanan utamanya. Foto yang pernah diunggah oleh National Geographic memperlihatkan seekor katak pohon Australia yang diketahui memakan ular.

Video terpisah yang diunggah oleh Exotic Black TV memperlihatkan saat Frog Pacman (Ceratophrys ornata) memakan seekor ular.

African Bullfrog ini dapat memakan ular. (YouTube/ Frog Pet TV)

Unggahan video lain juga menampakkan detik-detik ketika African Bullfrog (Pyxicephalus adspersus) melahap ular hidup-hidup.

Dikutip dari Wikipedia bersumber Journal of Herpetology, African Bullfrog (Pyxicephalus adspersus) diketahui pernah memakan 17 ular rinkhal remaja (Hemachatus haemachatus) di Afrika Selatan.

Spesies katak tersebut terkenal sebagai karnivora rakus yang suka memakan serangga, tikus kecil, reptil, burung kecil, ikan, amfibi bahkan ular. Dinamakan sebagai "Bullfrog", spesies jantannya bahkan bisa tumbuh hingga 24,5 cm.

Spesies katak yang bisa memakan ular. Video saat Frog Pacman memakan ular. (YouTube/ Exotic Black TV)

African Bullfrog mempunyai habitat yang tersebar di beberapa negara termasuk Angola , Botswana , Kenya , Malawi , Mozambik , Namibia , Afrika Selatan , Tanzania , Zambia , dan Zimbabwe.

Dikutip dari situs resmi NEAQ (New England Aquarium), katak bertanduk Argentina (Ceratophrys ornata) mempunyai mulut yang sangat besar sehingga dijuluki Pac-Man.

Ia memakan apa saja yang bergerak di mulutnya yang lebar. NEAQ menulis bahwa ketika Ceratophrys ornata tumbuh hingga berukuran lebih dari 6 inci, maka mereka bisa menelan burung, hewan pengerat bahkan ular.

Meski begitu, ular tetaplah predator dari spesies katak tersebut apabila mereka berukuran kecil. Namun ketika mereka tumbuh dewasa dan mencapai ukuran tertentu, jenis katak betinanya mampu menelan ular yang tak terlalu besar. Itulah tadi deretan spesies katak yang bisa memakan ular, gokil banget ya?

BACA SELANJUTNYA

NASA Siap Kirim Robot Ular untuk Selidiki Adanya Kehidupan di Satelit Saturnus