Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 21 Mei 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gunung es terbesar di dunia saat ini yang berada di Antartika dilaporkan telah pecah. Kabar ini terekam oleh satelit satelit Badan Antariksa Eropa (ESA).

Menurut laporan, gungung es dengan panjang 170 km dan lebar 25 km tersebut telah mengambang bebas di wilayah Antartika barat.

Atau tepatnya tengah mengambang bebas di Laut Weddell, sebuah teluk besar di Antartika barat.

Gunung es seluas 4.320 km persegi yang disebut A-76 ini terekam oleh Copernicus Sentinel dari Uni Eropa, sebuah konstelasi dua satelit yang mengorbit kutub Bumi.

Satelit mengonfirmasi pengamatan sebelumnya yang dilakukan oleh British Antarctic Survey, yang merupakan organisasi pertama yang memperhatikan pemisahan es tersebut.

Kejadian ini tidak akan berdampak langsung pada permukaan laut, namun rak es memperlambat aliran gletser dan aliran es ke laut sehingga secara tidak langsung, pecahnya lapisan es akan berkontribusi pada naiknya air laut.

Menurut National Snow and Ice Data Center (NSIDC), benua Antartika yang memanas lebih cepat daripada bagian lain di Bumi, juga menampung cukup air beku yang dapat menaikkan permukaan laut global hingga 60 meter.

Gunung es terbesar di dunia pecah. [Twitter]

Satelit akan terus melacak gunung es, seperti yang dilakukan pada A-68A, pemegang gelar sebelumnya untuk gunung es terbesar di dunia.

Setelah retak dari lapisan es Antartika pada 2017, A-68A terlepas oleh arus laut pada tahun 2020 dan nyaris bertabrakan dengan Pulau Georgia Selatan.

Untungnya, gunung es itu pecah menjadi lusinan bagian sebelum menyebabkan kerusakan.

Ronne Ice Shelf yang menyebabkan pecahan gunung es baru ini sebagian besar terhindar dari masuknya air hangat yang mengganggu siklus alami pembentukan kembali dan pertumbuhan es di Antartika.

Namun, menurut Live Science, Kamis (20/5/2021), tidak semua bagian Antartika barat beruntung seperti itu.

Pada April Gletser Thwaites ditemukan mencair lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Itulah laporan terkini dari gunung es terbesar di dunia yang telah pecah dan kini mengambang di lautan sekitar Antartika barat. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan DNA Organisme Laut Tertua di Dunia, Penelitian di Kutub Selatan Jadi Kunci