Kamis, 25 April 2024
Amelia Prisilia : Jum'at, 28 Mei 2021 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seekor kura-kura raksasa yang dianggap telah punah bertahun-tahun yang lalu, mendadak kembali muncul di Kepulauan Galapagos. Hidup di zaman dinosaurus, kehadiran kura-kura ini menimbulkan tanya dari ilmuwan dan publik.

Bukan hal baru, kura-kura raksasa ini rupanya pertama kali menunjukan dirinya pada tahun 2019 lalu di Kepulauan Galapagos. Setelah cukup lama, Ekuador kini mengkonfirmasi resmi bahwa kura-kura raksasa tersebut telah punah di masa lalu.

Dilansir dari The Guardian, kura-kura raksasa ini ditemukan dua tahun yang lalu di Pulau Fernandina. Penemuan kura-kura ini rupanya menjadi bagian dari ekpedisi gabungan taman nasional Galapagos dan Galapagos Conservancy.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Yale, kura-kura raksasa ini masuk dalam spesies Chelonoidis Phantasticus. Sebelumnya, kura-kura ini telah dianggap punah lebih dari satu abad yang lalu.

Hasil studi mengenai kura-kura ini berdasarkan genetik dan perbandingan DNA dari masing-masing spesimen yang diekstraksi pada tahun 1906 yang lalu.

Ilustrasi kura-kura. (Pixabay)

Kepulauan Galapagos menjadi sumber teori evolusi Charles Darwin di abad ke-19. Wajar saja jika daerah ini memiliki banyak jenis kura-kura yang hidup berbarengan dengan flamingo, albatros, burung kormoran dan lain-lain.

Sejak hasil penelitian ini diterbitkan, Menteri Lingkungan Hidup, Gustavo Manrique lalu mengumumkan secara resmi bahwa kura-kura raksasa tersebut telah diyakini punah lebih dari 100 tahun yang lalu.

Secara keseluruhan, populasi kura-kura raksasa di Kepulauan Galapagos bisa mencapai 60.000. Data ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Taman Nasional Galapagos sebelumnya.

Penemuan besar mengenai kura-kura raksasa yang pernah hidup di zaman dinosaurus ini jelas menjadi sumber informasi para ilmuwan guna melakukan penelitian di masa mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Kabar Duka, Penemu Baterai Lithium Ion Meninggal Dunia