Kamis, 18 April 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 02 Juni 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para arkeolog belum lama ini berhasil menemukan panah dari pertempuran Hazael di Kota Gat yang dikisahkan dalam Alkitab. Setelah bertahun-tahun lamanya, penemuan ini jelas saja menjadi babak baru penelitian para ilmuwan mengenai kisah-kisah di Alkitab.

Dalam penelusurannya, para arkeolog berhasil menemukan tulang panah di Kota Gat, Filistin kuno, Diduga panah ini adalah milik pembela kota sebagai serangan terakhir dalam pertempuran Hazael dan Goliat seperti yang dikisahkan di Alkitab.

Dikisahkan dalam Alkitab, pada 2 Raja-Raja 12:17, raja Aram bernama Hazael berperang melawan Kota Gat yang berhasil direbutnya. Usai terlibat perang untuk mendapatkan Kota Gat, Hazael lalu menuju ke Yerusalem untuk melakukan hal yang sama.

Saat menaklukan Kota Gat, Hazael menghancurkan tempat tinggal orang Filistis yang adalah musuh Israel. Kota asal Goliath ini hancur lebur akibat perang besar tersebut.

Bertahun-tahun kemudian, penggalian arkeolog lalu dilakukan di Kota Gat yang kini adalah Israel. Dari penggalian ini, para arkeolog menemukan tulang panah di jalan kota.

Panah dari pertempuran di Kota Gat. (Tell es-Safi/Gath Archaeological Project)

Diduga panah-panah ini adalah sisa-sisa perang besar antara Kota Gat dan pasukan Hazael. Saat ditemukan, kepala panah memiliki retakan di ujungnya, para arkeolog menyebut jika hal ini disebabkan tumbukan yang terjadi.

Berdasarkan penelitian, mata panah ini kemungkinan diproduksi di sebuah bengkel di Kota Gat. Desain panah ini dipercaya menunjukan rasa putus asa rakyat kota yang diserang oleh pasukan Hazael.

Dipercaya jika panah yang digunakan warga Kota Gat ini dibuat dari tulang sapi yang bagus hingga tidak perlu waktu lama dalam masa pembuatannya.

Penemuan panah dari pertempuran di Kota Gat yang dikisahkan di Alkitab ini semakin menambah pengetahuan dalam penelitian para ilmuwan terkait kisah-kisah yang ada di Alkitab.

BACA SELANJUTNYA

Temuan Arkeolog Ini Diklaim Wujud Kepala Tuhan yang Dikisahkan di Alkitab?