Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 06 Juli 2021 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NASA telah merencanakan untuk mengirim misi baru ke Bulan dalam rangka mencari keberadaan air di satelit alami Bumi tersebut.

Misi baru NASA ini akan membawa robot bernama Viper yang ditugaskan untuk mencari air di Bulan.

Rencana ini sebagai misi eksplorasi jangka panjang, sebelum astronot dikirim ke permukaan Bulan pada 2024.

Viper merupakan singkatan dari Volatiles Investigating Polar Exploration Rover dan dijadwalkan untuk diluncurkan pada 2023.

Badan antariksa akan mengirim robot seukuran kereta golf itu ke Kutub Selatan Bulan, dalam misi 100 hari untuk mencari endapan es di bawah permukaan Bulan.

Para ilmuwan berharap untuk mempelajari apakah misi tersebut dapat menghasilkan air dari endapan es dan menggunakannya sebagai sumber daya.

"Kami mengkonfirmasi keberadaan es di Kutub Selatan Bulan. Hanya saja tidak jelas persis di mana air itu berada atau berapa banyak," kata Dan Andrews, manajer proyek Viper, dikutip dari Cnet, Senin (5/7/2021).

Penjelajah Bulan, Viper. [NASA]

Penjelajah itu saat ini masih dalam tahap prototipe, tetapi NASA berencana melengkapi Viper dengan bor dan beberapa spektrometer.

Kehadiran Viper untuk mencari, mengekstrak, dan mempelajari endapan es potensial di bawah permukaan Bulan.

Dalam misi ini, NASA akan menggandeng perusahaan Astrobotic dengan kontrak senilai 200 juta dolar AS untuk mengirimkan Viper menggunakan pendarat Bulan Griffin.

Pendarat Griffin tersebut akan dibawa dengan Falcon Heavy milik SpaceX.

Itulah rencana NASA dalam menyiapkan misi baru mengirimkan robot penjelajah Viper untuk mencari air di Bulan. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Struktur Inti Bulan, Hasilnya Mengejutkan