Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 27 Juli 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Olimpiade Tokyo 2021 baru-baru ini mengejutkan penggemar basket saat di tengah-tengah pertandingan tim Amerika Serikat dan Prancis.

Saat di tengah-tengah pertunjukkan tersebut Toyota memamerkan kembali robot CUE yang merupakan robot bola basket untuk demonstrasi khusus.

Robot CUE versi 3 ini merupakan robot pebasket yang diluncurkan dua tahun lalu di mana ia menenggelamkan lebih dari 2.000 lemparan bebas berturut-turut dan lima dari delapan lemparannya mencetak three point.

Dilansir dari laman Hypebeast, teknologi buatan Toyota dengan nomor punggung ''95'' ini dirancang layaknya atlet basket profesional.

Robot basket. (Twitter/ @annkillion)

Namun robot basket tersebut tidak bisa menggiring bola atau melompat, robot setnggi 6 kaki 10 inci ini membuat penonton kagum saat ia mencetak lemparan bebas, lemparan three point.

Tentunya robot ini tidak akan menggantikan pemain NBA, namun melihat robot mengambil bola basket dari setengah lapangan ini membuat banyak orang yang kagum dengan aksinya.

Pasalnya postur robot CUE ini memiliki postur yang terlihat profesional layaknya pemain basket sesungguhnya.

Robot canggih ini mengandalkan sensor yang ada di tubuhnya yang digunakan robot tersebut memetakan lemparannya yang tergantung pada jarak dirinya dan keranjang.

Ketepatan tembakannya ini bahkan diklaim pembuatnya layaknya pemain bola basket terbaik dunia Stephen Curry. Namun robot ini memakan waktu cukup lama untuk melempar sekitar 15 detik.

BACA SELANJUTNYA

Yeedi Menghadirkan Robot Vacuum dengan Teknologi AI yang Lebih Efisien