Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 08 Agustus 2021 | 09:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Misi penjelajahan NASA di Mars mulai mendapatkan beragam informasi mengenai planet merah tersebut. Paling baru dibagikan penampakan 3D dari Raised Ridges yang berada di Kawah Jezero.

Gambar 3D Kawah Jezero ini ditangkap oleh helikopter Ingenuity yang mendarat bersama penjelajah Perseverance di Kawah Jezero pada Februari lalu.

Helikopter tersebut melakukan penerbangan ke-10 pada 24 Juli dengan melayang setinggi 12 meter. Dari sudut pandang ini, Ingenuity mampu memotret permukaan dataran rendah atau Raised Ridges di permukaan kawah.

Para ahli percaya bahwa lokasi tersebut dapat mengungkapkan petunjuk baru tentang masa lalu Mars.

"Ingenuity memungkinkan tim sains Perseverance berada di dua tempat sekaligus," kata Kevin Hand, ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, seperti dikutip dari Space.com pada Sabtu (7/8/2021).

Saat ini, tim misi Perseverance berada di Crater Floor Fractured Rough, di mana penjelajah sedang mempersiapkan akuisisi sampel pertama misi di Mars. Namun pada saat yang sama, Ingenuity memberikan pratinjau terperinci dari fitur geologis menarik berjarak ratusan meter.

Dalam penerbangan ke-10, helikopter mengambil 10 foto menggunakan kamera berwarna.

NASA Bagikan Penampakan 3D dari Kawah Jezero Mars. (NASA)

Dengan data tersebut yang dikirim kembali ke Bumi, tim membuat tampilan 3D dari area Raised Ridges menggunakan dua gambar yang diambil Ingenuity selama penerbangan.

Area ini menarik minat tim Perseverance karena terdiri dari tiga retakan permukaan berbeda yang bertemu di satu titik pusat, mirip dengan retakan yang terlihat di lingkungan gurun di Bumi.

Fitur pada permukaan area tersebut menawarkan kemungkinan petunjuk tentang keberadaan air purba di daerah itu.

"Gambar tersebut memberikan detail yang sangat bagus. Jika kita melihat lebih dekat, ditemukan garis aneh di permukaan beberapa batu. Apakah ini dibuat oleh angin ribuan tahun dan debu yang bertiup di atas batu, atau mungkin itu fitur mengungkapkan tentang keberadaan air? Kami belum tahu," tambah Hand.

Salah satu tujuan misi utama Perseverance adalah mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba di Mars. Dengan menggunakan gambar baru Ingenuity, tim ilmuwan dapat menilai dengan lebih baik apakah Perseverance akan dikirim ke area tersebut untuk mengumpulkan sedimen dari Raised Ridges.

Wilayah Mars sangat luas dan tim ilmuwan tidak bisa mengirim Perseverance ke seluruh area, mengingat ukuran penjelajah yang cukup besar dan tidak gesit.

Namun, dengan bantuan pengintaian helikopter, para ahli dapat menyeleksi area mana yang memiliki potensi untuk misi tersebut.

Itulah penampakan 3D Raised Ridges yang berada di Kawah Jezero, Mars yang diambil helikopter Ingenuity milik NASA. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Honkai Impact 3 Siap Rilis Update v7.2 Sayap Menuju Mars