Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ditemukan buket bunga yang dipercayai sebagai persembahan untuk pada dewa di bawah kuil dewa Quetzalcoatl, piramida reruntuhan kota Teotihuacan.

Piramida reruntuhan kota Teotihuacan sendiri berada di Meksiko. Sedangkan Quetzalcoatl adalah dewa penting selama Mesoamerika kuno.

Dewa ini dipercaya bertanggung jawab atas penciptaan umat manusia, yang mungkin menjadi alasan mengapa bunga persembahan ditemukan di bawah kuil dewa.

Sergio Gómez, arkeolog di Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko, mengatakan batang-batang bunga tersebut dalam kondisi baik dan masih terikat dengan tali asli terbuat dari kapas.

"Total ada empat karangan bunga dalam kondisi sangat baik. Itu masih diikat dengan tali, mungkin terbuat dari kapas," kata Gomez, dikutip dari Daily Mail, Senin (16/8/2021).

Buket bunga persembahan Dewa 1.800 tahun lalu. [Jornada]

Menurutnya, penemuan buket bunga persembahan untuk dewa ini sangat penting karena berbicara tentang ritual yang dilakukan di tempat tersebut.

Gomez menambahkan, masih terlalu dini untuk menentukan jenis bunga serta tanggal pasti kapan buket itu disimpan.

Namun, para ahli memprediksi bunga itu berusia antara 1.800 hingga 2.000 tahun.

Kota Teotihuacan sendiri diperkirakan dibangun pada 100 SM dan ada hingga abad ke-8.

Saat ini, hanya sekitar lima persen Teotihuacan yang telah digali meski sudah lebih dari 100 tahun eksplorasi.

Buket bunga persembahan Dewa 1.800 tahun lalu. [Jornada]

Penemuan buket bunga persembahan untuk dewa Quetzalcoatl ini adalah bahan botani utuh pertama yang ditemukan di lokasi tersebut.

Selama penggalian, tim ilmuwan juga menemukan lebih dari 100.000 artefak di dalam kota kuno dan khususnya di bawah tiga piramida yang masih berdiri.

Itulah penemuan buket bunga persembahan untuk dewa Quetzalcoatl yang diperkirakan berasal dari 1.800 tahun silam. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Grup C: Arab Saudi vs Meksiko, Ini Jadwal Laganya