Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 15 September 2021 | 17:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tengah jadi perhatian, sebuah kolam air yang berubah warna. Yakni sebuah kolamair yang terletak di Laut Mati berubah warnanya menjadi merah darah.

Menurut laporan terbaru, kolam air yang berwarna merah darah ini berada di wilayah Yordania tak jauh dari Laut Mati.

Air dari laguna merah yang berlokasi di perbatasan Yordania itu kini sedang diambil sampelnya oleh para pekerja dari Kementerian Air dan Irigasi Yordania.

Langkah ini diambil untuk menentukan penyebab dari fenomena yang meresahkan yang belum dapat dijelaskan itu.

Gambar-gambar itu telah memicu kehebohan di media sosial, dengan air berwarna merah darah yang membawa banyak makna dalam Perjanjian Lama.

Disebut, sebagai salah satu dari 10 malapetaka yang Tuhan berikan kepada Firaun Mesir untuk membebaskan orang-orang Yahudi dari perbudakan.

Menurut kisah Alkitab, Tuhan mengubah air Sungai Nil menjadi darah, yang membunuh ikan dan mencegah orang Mesir meminum air kotor, dalam 10 tulah pertama yang datang sebagai hukuman Firaun karena menolak membebaskan budak Yahudi-nya.

Laut mati berubah warna. [Dailymail]

Pantai timur Laut Mati di mana kolam merah darah berada juga merupakan tempat berdirinya dua kota legendaris Sodom dan Gomora sebelum mereka dianggap dihancurkan oleh Tuhan karena 'kejahatan' mereka.

Kepala Komite Air dan Pertanian Dewan Al-Karak, Fathi Al-Huwaimel, mengatakan bahwa pihak berwenang telah dihubungi untuk mengidentifikasi sumber air.

Tetapi meskipun penyebab air merah misterius masih belum diketahui untuk saat ini, menurut juru bicara kementerian Yordania Omar Salameh, beberapa teori telah dikemukakan mengapa laguna yang diisolasi dari air tawar bisa tiba-tiba berubah warna.

Direktur Pertanian di Lembah Yordan Selatan, Yassin al-Kasasbeh, mengatakan kepada Roya News bahwa fenomena ini ditemukan di kolam-kolam yang dekat dengan laut karena adanya jenis bakteri dan ganggang merah tertentu yang menyukai salinitas, yang berubah warna dengan keberadaan sinar matahari.

Tapi ini tidak menjelaskan mengapa air tiba-tiba berubah menjadi merah sementara kolam lain tidak menunjukkan fenomena yang sama, mengingat wilayah tersebut mengalami langit cerah sepanjang tahun.

Pejabat lain mengatakan kepada Israel Today bahwa keberadaan oksida besi di dalam air dapat menjelaskan perubahan warna yang aneh, tetapi sekali lagi tidak memberikan penjelasan tentang bagaimana oksida besi akan dimasukkan ke kolam, dan mengapa perubahan warna terjadi begitu dengan cepat.

Sementara itu, Sakhr Al-Nusour, kepala Sindikat Geologi Yordania, mengatakan kepada Al Ghad news bahwa warna merah bisa saja disebabkan oleh penambahan zat oleh manusia.

Laut mati berubah warna. [Dailymail]

Sudut pandang ini dianut oleh banyak orang Yordania yang menuduh pemerintah menutupi sumber polusi atau penggunaan kolam sebagai tempat pembuangan limbah bahan kimia.

Dilansir dari Dailymail, Selasa (14/9/2021), Laut Mati adalah sebuah danau garam yang terletak di gurun Yudea di Israel selatan, berbatasan dengan Yordania di Timur.

Dengan asal usulnya sekitar empat juta tahun yang lalu, itu adalah salah satu badan air paling asin di bumi dan merupakan titik terendah di bumi.

Tingkat salinitasnya yang tinggi, lebih dari 30 persen, berarti perairannya sangat kaya akan mineral dan manfaat kesehatan dari mandi di Laut Mati telah lama disebut-sebut, meskipun sangat asin sehingga airnya tidak dapat mendukung kehidupan laut.

Telah ditemukan bahwa orang dengan penyakit pernapasan, seperti cystic fibrosis, tampaknya mendapat manfaat dari peningkatan tekanan atmosfer di wilayah tersebut, sementara suhu, kelembapan, dan mineral air menjadikannya lingkungan yang sempurna untuk mengobati masalah kulit.

Namun, Laut Mati telah menyusut secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan besar karena perubahan iklim.

Sekarang panjangnya kira-kira 31 mil dan lebar 9 mil pada titik terlebarnya, tetapi diperkirakan bahwa permukaan air Laut Mati telah turun lebih dari 131 kaki sejak 1950-an, dan sekarang berkurang sekitar dua kaki per tahun.

Tahun lalu, Sungai Alexander berwarna merah darah karena darah dari rumah jagal di Tepi Barat mengalir ke sungai, menurut Society for the Protection of Nature di Israel.

Itulah laporan terbaru dari sebuah kolam air dekat Laut Mati, Yordania yang secara misterius berubah warna menjadi merah darah. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Langit Australia Berubah Warna Menjadi Merah Darah, Ada Apa Ya?