Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 03 November 2021 | 19:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apakah burung condor bisa bertelur tanpa kawin? Hal ini menjadi perhatian para peneliti karena ditemukan sebuah fenomena tak biasa pada satwa tersebut di Amerika Serikat.

Seperti diwartakan Suara.com Rabu (3/11/2021), burung condor California di Amerika Serikat rupanya bisa bereproduksi tanpa kawin - sebuah fenomena yang juga disebut reproduksi aseksual atau parthenogenesis - demikian hasil sebuah studi yang digelar di Kebun Binatang San Diego Zoo Wildlife Alliance.

Dalam analisis rutin terhadap sampel biologis dari burung-burung kondor di kabun binatang tersebut, diketahui bahwa ada dua anak burung condor yang menetas dari telur yang tidak dibuahi oleh pejantan.

"Ini sangat mengejutkan. Kami tidak pernah mengira akan mendapati hasil seperti ini," kata Cynthia Steiner, salah satu petinggi Binatang San Diego Zoo Wildlife Alliance.

Temuan itu kemudian ditulis sebagai studi dalam Journal of Heredity oleh Steiner dkk dan diterbitkan pekan lalu.

Ilustrasi Burung Condor. (pixabay)

Dari hasil analisis, kedua ekor anak condor itu secara genetika berhubungan dengan induknya. Tetapi tidak satu pun dari dua anak burung itu yang memiliki hubungan genetika dengan burung jantan.

Dua anak burung itu, demikian diklaim kebun binatang tersebut, adalah bukti pertama adanya reproduksi aseksual atau parthenogenesis pada spesies burung condor California.

"Ini adalah temuan yang sangat jarang, bahkan di dunia burung sekalipun. Di spesies lain fenomena seperti ini diketahui ada, semisal di reptil dan ikan. Tetapi pada burung ini sangat jarang," kata Steiner.

Steiner juga mengatakan perilaku burung condor betina yang bertelur tanpa dibuahi jantan itu juga unik, karena ia terus menerus dikurung di dalam kandang bersama seekor burung condor jantan yang siap kawin. Burung betina itu juga sebelumnya pernah bertelur lewat cara seksual.

Condor California adalah salah satu spesies paling langka dan terancam punah di dunia. Saat ini jumlahnya di Bumi hanya sekitar 500 ekor. Dari jumlah itu, sebanyak 200 ekor berada dalam penangkaran.

Itulah temuan burung Condor California yang mengalami fenomena tak biasa. Di mana ada yang bisa bertelur tanpa mengalami proses kawin. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Gadis Cantik Jualan Burung di Pasar, Netizen: Pantas Bapak Gue Sering Beli