Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 25 Februari 2022 | 17:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa yang tak tahu YouTube? YouTube merupakan situs berbagi video yang banyak digunakan saat ini. YouTube merupakan layanan file sharing berbasis web, video/ audio yang memungkinkan individu untuk mendapatkan informasi. Selain itu, YouTube juga bisa menjadi media pembelajaran. Bahkan ada channel YouTube edukasi untuk Belajar Sains.

Masuknya YouTube sebagai media pembelajaran adalah cara yang mudah dan user-friendly untuk meningkatkan keterampilan mengintegrasikan teknologi ke dalam kegiatan pengajaran.

Channel YouTube edukasi memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi baru dan belajar melalui video interaktif, dan bahkan mengikuti kelas online melalui live streaming.

Ada beberapa channel YouTube yang memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan dengan sangat menarik, khususnya sains. Bagi kamu yang suka sains, semuanya dikemas dengan menarik, sehingga kamu tidak akan bosan menontonnya.

Berikut channel YouTube edukasi untuk belajar sains yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Kok Bisa

Channel YouTube edukasi Kok Bisa menjadi pelopor Youtube dengan konten edukasi Indonesia. Melalui animasi graphic motion, Kok Bisa menjelaskan pertanyaan dan konsep sains yang rumit secara kontekstual dan lebih mudah dipahami.

Ada banyak topik yang diangkat, mulai dari membahas hal ringan sampai topik berat yang dikemas secara sederhana.

2. Sains Bro

Sains Bro adalah channel YouTube edukasi di Indonesia yang membantu menjelaskan berbagai hal tentang SAINS dengan menyenangkan dan sederhana agar mudah dipahami.

Gaya penjelasannya menarik, dengan konsep video whiteboard semacam minutephysics atau ASAPscience.

3. Hujan Tanda Tanya

Hujan Tanda Tanya merupakan channel yang menyajikan konten seputar sains, teknologi dan masyarakat yang dikemas dengan ringan. Channel YouTube edukasi ini membahas pertanyaan-pertanyaan random yang sering ditanyakan oleh orang-orang.

Channel YouTube ini dikelola oleh sekelompok pemuda diaspora yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada sains dan teknologi.

4. KHT! - Kamu Harus Tahu

Kamu Harus Tahu! merupakan channel YouTube edukasi yang menyajikan berbagai informasi dan pengetahuan sains dalam bentuk animasi. Memiliki konsep yang hampir sama dengan Kok Bisa.

Tapi bedanya KHT! Memiliki karakter bernama Joni yang pintar dan selalu ingin tahu.

5. Fajrul Fx

Tak jauh beda dengan channel YouTube edukasi di atas, channel milik Fajrul Falah ini memberikan konten edukasi tentang penerapan-penerapan sains.

Konten sainsnya ini membahas pembuktian sains yang ada di beberapa film dan anime seperti Dr. Stone, Steins Gate, Attack on Titan, Naruto hingga Interstellar.

Selain itu channel YouTube Fajrul Fx ini juga menyajikan konten astronomi, sains dalam game, dan menjawab pertanyaan sains di brainly.

Itulah 5 channel YouTube edukasi untuk belajar sains yang mengedukasi untuk anak-anak. Anak bisa belajar melalui video animasi maupun video dokumenter yang diambil dari kehidupan nyata.

BACA SELANJUTNYA

Daftar YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi 2023