Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 25 Februari 2022 | 19:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Yutu 2, robot penjelajah China menemukan penampakan dua bola kaca misterius dan aneh yang berada di sisi jauh Bulan.

Menurut laporan, objek misterius ini mengeluarkan kilauan cahaya seperti mutiara di lanskap Bulan yang kering dan berdebu.

Sebagai diketahui, China telah mengirimkan robot penjelajah Yutu 2 ke sisi jauh Bulan untuk meneliti apa yang ada di sana. Termasuk penemuan bola kaca misterius ini.

Menurut para ahli, bola kaca misterius ini adalah yang pertama ditemukan di permukaan Bulan dan terbentuk baru-baru ini.

Kaca sendiri pernah terlihat di Bulan sebelumnya oleh penjelajah Yutu 2 dan misi Apollo 16 NASA.

Itu terbentuk ketika mineral kaya silikon seperti piroksen dan feldspar menjadi sangat panas. Namun, ini adalah pertama kalinya bola kaca ditemukan di Bulan.

Para ilmuwan tidak tahu secara pasti asal-usul dari bola kaca tersebut. Tapi hipotesis menyebutkan bahwa bola kaca kecil ini mungkin terbentuk selama letusan eksplosif dalam sejarah gunung berapi Bulan.

Bola Kaca Aneh di Sisi Jauh Bulan.

Kemungkinan lainnya adalah terbentuk setelah tabrakan berkecepatan tinggi dengan meteorit.

"Bentuk bulatan kaca itu membuat kami takjub karena sangat unik. Sayangnya, ketika kami pertama kali menemukannya, penjelajah baru saja melewatinya dan tidak ada data komposisi yang diperoleh", kata Zhiyong Xiao, ahli geologi planet di Universitas Sun Yat-sen, China.

Bola kaca atau dikenal juga sebagai microtektites sebelumnya telah ditemukan di Bumi di sekitar lokasi tumbukan meteorit.

Setelah dihantam meteorit, bongkahan kerak planet terlempar ke udara dan mineral silikat cair, yang terkandung di dalamnya bergabung membentuk manik-manik kaca kecil.

Microtektites yang baru ditemukan ini memiliki diameter sekitar 0,6 hingga 1 inci, lebih besar dari yang ditemukan di Bumi.

Namun, itu lebih kecil dari bongkahan kaca yang ditemukan astronot Apollo 16 yang memiliki diameter 1,57 inci.

Microtektites yang ditemukan Yutu 2 juga ditemukan di dekat kawah tumbukan.

Hal ini membuat para ahli percaya bahwa bola kaca kecil itu terbentuk dari batuan beku kaya feldspar yang meleleh dan terbentuk kembali setelah tabrakan meteor.

Dilansir dari Live Science, Jumat (25/2/2022), mempelajari komposisi dan usia bola-bola seperti itu, dapat membantu para ilmuwan memahami dampak Bulan serta memberi informasi yang berguna tentang bahan bangunan potensial di permukaan Bulan.

Itulah penemuan bola kaca misterius di sisi jauh Bulan oleh robot penjelajah China, Yutu 2. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Stabil Usai Dihajar Sanksi AS, Industri Chip China Malah Terancam Terpukul oleh Hukuman Jepang